Memanen Keuntungan dari Hidroponik

Sabtu, 19 September 2020 - 06:02 WIB
loading...
A A A
"Kale menjadi komoditas utama para petani hidroponik. Selain nilai jualnya tinggi, permintaan akan sayuran ini masih sangat tinggi, baik lokal ataupun pasar luar negeri," tambah Ginanjar. (Lihat videonya: Istana Para Raja di Wilayah Sulses Berusia Ratusan Tahun)

Di sisi lain pemerintah terus mendorong pengembangan budi daya hidroponik di beberapa area terbuka seperti di ruang publik terpadu ramah anak (RPTRA) sebagai pencapaian ketahanan pangan di tingkat lokal. Anggota DPR Ahmad Syaikhu mengatakan, hidroponik dapat menjadi alternatif dalam mencapai ketahanan pangan di tingkat keluarga. Tapi harus ada inovasi teknologi agar hasilnya bisa benar-benar tercukupi. Sebab masyarakat kita masih memanfaatkan hidroponik sebatas hobi, hanya sebagian kecil yang memanfaatkannya sebagai usaha pertanian.

"Kendalanya masih cukup banyak terkait dana untuk membuat hidroponik dan meningkatkan pengetahuan untuk meracik larutan hidroponik serta pemilihan jenis sayuran yang tepat," ungkapnya. (Aprilia S Andyna)
(ysw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1039 seconds (0.1#10.140)