Sukses Digitalisasi 350.000 UMKM Baru Selama Pandemi, Grab Gelar Online Bazar di 14 Kota

Jum'at, 23 Oktober 2020 - 12:08 WIB
loading...
A A A
Dengan 3 langkah mudah yakni memilih tipe iklan, memilih target pengguna, dan mengatur anggaran dan periode pemasangan iklan, mitra merchant juga dapat memilih tipe iklan yang diinginkan yakni Banner Ad yang dapat digunakan untuk meningkatkan visibilitastoko virtual melalui penempatan banner di bagian atas halaman muka layanan GrabFood atau Search Ad untuk menjangkau pelanggan yang mencari makanan dalam daftar menu dengan menempatkan toko virtual mitra merchant tersebut pada urutan teratas halaman pencarian.

Dengan harga terjangkau mulai Rp57.000 (USD 3 ) per hari, iklan yang dikelola mitra penjual hanya ditampilkan dalam radius pengantaran. Mitra merchant hanya akan ditagihkan biaya iklan apabila pelanggan Grab mengklik iklan tersebut untuk mengakses menu. Selain itu, mitra merchant dapat memonitor performa iklan lewat laporan yang mudah dimengerti.

3. Komunitas & Kelas Khusus UMKM: hadir untuk mendukung UMKM Indonesia melalui transfer ilmu dengan para pakar, juga wadah untuk bertukar pikiran:
a. Klub Juragan GrabExpress untuk para social sellers berkomunikasi, mengikuti kelas pelatihan atau seminar, dan mendapatkan informasi terkait layanan kurir instan GrabExpress. Juga tersedia banyak promo menarik bagi peserta klub ini melalui akun Instagram @KlubJuraganGrabExpress. Syarat dan ketentuan dapat dilihat di aplikasi Grab

b. Akun Instagram @GrabMerchantID khusus untuk mitra dan calon mitra merchant GrabFood dan GrabMart mendapatkan informasi terkait digitalisasi bisnis bersama Grab. Terdapat banyak tips dan informasi menarik yang bisa membantu merchant UMKM mengembangkan bisnis.

c. 1001 Tips #TerusUsaha yang memberikan berbagai tips bermanfaat bagi UMKM, termasuk pengelolaan media sosial, fotografi, kemasan, dan masih banyak lagi! Hadir tiap minggu di Instagram dan YouTube channel Grab Indonesia. Sebelumnya, Grab telah memberikan iklan gratis bagi ribuan mitra UMKM di Indonesia selama 3 bulan. Iklan ini berhasil menjangkau lebih dari 15 juta masyarakat Indonesia dan penjualan mitra UMKM GrabFood dan GrabMart juga meningkat hingga 20% selama periode ini.

Grab juga telah bekerja sama dengan Pertamina, Pegadaian, BRI dan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian untuk menyalurkan Kredit Usaha Rakyat bagi mitra pengemudi dan mitra merchant Grab di Indonesia. Riset yang dilakukan oleh Center for Strategic and International Studies (CSIS) dan Tenggara Strategics pada Januari 2020, menyebut Grab menawarkan peluang ekonomi yang lebih baik bagi pekerja informal di 12 kota, serta meningkatkan pertumbuhan bisnis kecil dan menciptakan lapangan pekerjaan di luar platform Grab. Secara keseluruhan, pekerja informal dari platform Grab berkontribusi
sebesar Rp77,4 triliun bagi ekonomi Indonesia pada 2019.
Sukses Digitalisasi 350.000 UMKM Baru Selama Pandemi, Grab Gelar Online Bazar di 14 Kota


Penghargaan Inspirasi #TerusUsaha UMKM Grab
Grab juga memberikan penghargaan bagi 4 UMKM lokal yang berhasil #TerusUsaha di tengah pandemi, bahkan juga membawa dampak positif bagi komunitas dan masyarakat di lingkungan mereka. Ke-4 penerima penghargaan ini mendapatkan trophy dan juga modal usaha dari Grab, serta diharapkan dapat memberikan inspirasi bagi UMKM lain untuk #TerusUsaha.

UMKM Sweet Sundae Ice Cream, memenangkan kategori Inspirasi Pemberdayaan Komunitas dengan komitmennya untuk memberikan penghasilan yang lebih baik bagi peternak sapi perah di Yogyakarta dengan mengolah produknya menjadi susu, es krim, dan yoghurt. Demi bumi memenangkan kategori Inspirasi Peduli Lingkungan dengan misi membantu edukasi tentang pentingnya memulai kesadaran akan kehidupan yang berkesinambungan dengan mengurangi pemakaian plastik sekali pakai yang menghasilkan sampah yang tidak bisa terurai.

Warung Vanessa Cell di Salatiga memenangkan kategori Inspirasi Karya Tak Kenal Usia. Usianya yang sudah terbilang senja dan keterbatasan fisik tidak menghalangi Cahyo, sang pemilik, untuk bisa mandiri dengan mendirikan warung kelontong dan kini bisa mandiri dan membantu warga sekitarnya terdigitalisasi secara finansial dengan layanan GrabKios. Dan yang terakhir adalah UMKM Aus.Kah di Balikpapan yang memenangkan kategori Inspirasi UMKM Pendatang Baru dimana Erwin Ansari sang pemilik, memulai bisnis tengah pandemi bermodalkan keahlian meracik minuman yang dilihat di YouTube dan kini menjual ribuan gelas minuman perhari dan bisa membuka lapangan pekerjaan.

“Kami harap segala upaya dan inisiatif yang kami lakukan dapat membantu pemulihan ekonomi, dan meningkatkan daya saing serta ketangguhan para UMKM di Indonesia. Mari kita #TerusUsaha untuk mendukung UMKM dan perputaran ekonomi Indonesia!” tutup Neneng.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1843 seconds (0.1#10.140)