10 Produk Makanan Halal Diekspor, Mentega Paling Laris

Sabtu, 24 Oktober 2020 - 16:42 WIB
loading...
10 Produk Makanan Halal Diekspor, Mentega Paling Laris
Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Pemerintah mencatat ada 10 produk makanan halal yang laris diekspor ke luar negeri. Menteri Keuangan Sri Mulyani merinci kesepuluh jenis makanan itu yakni mentega, waffle, biskuit, kopi kemasan, makanan olahan, makanan bayi, kue, roti. Adapun potensi ekspor produk makanan halal ini menembus USD229 juta.

"Kalau kita lihat Indonesia saat ini ada 10 produk makanan halal dengan total nilai potensi ekspornya capai USD229 juta, dimana ekspor ke 29 negara yang mayoritas muslim yang masih bisa kita tingkatkan," kata Sri Mulyani dalam Webinar Strategis Nasional bertajuk "Indonesia Menuju Pusat Produsen Halal Dunia", Sabtu (24/11/2020).

( )

Dari 10 jenis produk makanan halal tersebut, ungkap Menkeu, mentega menjadi produk yang paling banyak dicari. Hal ini dikarenakan mentega yamg dibuat oleh Indonesia menggunakan minyak kelapa sawit atau CPO (crude palm oil).

"Ini yang berhubungan dengan CPO dan keturunannya. Tentu kita masih miliki peluang besar untuk pangsa ekspor kita hingga 61%," jelasnya.

Saat ini, sudah waktunya mewujudkan potensi menjadi sesuatu yang konkrit. Salah satunya mendorong potensi halal lainnya seperti pada industri pakaian maupun pariwisata.

( )

"Dalam hal ini apakah dalam industri pakaian, pariwisata dimana Indonesia sudah masuk top 5 dan juga industri-industri yang sebeutulnya secara nasional, Indonesia memiliki potensi luar biasa, seperti kosmetik, farmasi dan tourism," pungkasnya.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1500 seconds (0.1#10.140)