5 KSPN Super Prioritas Jadi Strategi Dongkrak Perekonomian Daerah

Senin, 30 November 2020 - 14:43 WIB
loading...
A A A
Terutama pada masa pandemi COVID-19, dampak pembangunan KSPN diharapkan dapat menjadi solusi tepat dalam mendorong percepatan pemulihan ekonomi nasional dengan memanfaatkan tenaga dan material lokal.

“Dalam tatanan normal baru untuk hidup berdamai dengan Pandemi COVID-19, Pemerintah meyakini bahwa sektor ekonomi utama yang dapat rebound dengan cepat adalah sektor pariwisata. Untuk itu, tidak ada kegiatan pembangunan infrastruktur pada 5 KSPN yang dihentikan,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono beberapa waktu lalu.

Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya ditugaskan sebagai koordinator dalam pembangunan KSPN ini. “Pengembangan KSPN tidak bisa lepas dari ketersediaan sarana dan prasarana yang layak, memadai, serta mumpuni. Kementerian PUPR hadir mewujudkan infrastruktur andal guna mendukung pariwisata dalam rangka pemulihan ekonomi nasional,” ujar Dirjen Cipta Karya Danis H. Sumadilaga.

Sementara itu, terkait dengan pembangunan infrastruktur pendukung KSPN yang mengedepankan quality assurance (QA) dan quality control (QC), Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menegaskan bahwa Indonesia dapat bersaing dengan negara lain melalui sektor pariwisata karena memiliki keunikan tersendiri. Pembangunan KSPN ini menjadi jawaban untuk memperkecil ketimpangan antar daerah, membuka lapangan kerja, menarik investasi, dan menciptakan peluang ekonomi lokal.
(akr)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1438 seconds (0.1#10.140)