Rooftop Pilihan Tempat Unik untuk Berkumpul Keluarga

Selasa, 22 Desember 2020 - 19:30 WIB
loading...
A A A
Saat membuat rooftop di atas atap rumah, dalam analisa struktur, perencanaan yang efektif dan efisien adalah kunci dari segalanya. Kemudian untuk leveling beton juga berpengaruh saat mencegah air menggenang di tengah plat lantai dan tidak mengalir ke saluran pembuangan.

"Perencanaan ini tidak semua soal struktur, juga tentang rencana fungsi ruang rooftop yang akan dipakai untuk apa. Karena semua berkaitan satu sama lain saat perencanaan," ujarnya.

Ferdian mencontohkan, jikarooftop akan digunakan untuk tempat cucian, maka harus disiapkan saluran pembuangan air kotor. Atau jika dibuat tempat tanaman, otomatis perlu titik kran untuk mengambil air saat ingin menyiram tanaman.

Dari semua aspek fungsi ruang, satu hal yang tidak bisa ditinggal adalah proses waterproofing. Ini kunci agar atap tidak mudah bocor. Proses waterproofing ini biasanya dilakukan dengan cara dilapisi dan ada banyak jenis waterproofing di pasaran dengan fungsi dan teknologi masing-masing."Lebih baik saat pembangunan kelihatan ada rembesan atau bocor daripada ketika sudah jadi ada bocor," ucap Ferdian.

Tidak lupa juga untuk menyiapkan gutter atau jalan saluran air agar ketika hujan air dapat segera terbuang dan tidak menggenang. Air yang terlalu menggenang dapat menjadi lumut bahkan merusak lapisan beton.

Sementara untuk tangga menuju rooftop bisa dari dalam atau dari luar. Jika dari luar, tentu bahan pembuatnya juga harus tahan air, seperti tangga beton, besi, baja, atau kayu tahan air. Untuk tangga di dalam atau masih di bawah atap bangunan, tangga dapat lebih fleksibel seperti kayu atau GRC. Untuk lebih aman tentunya railing tangga harus dibuat secara kuat, dan dari bahan yang tahan lama, karena kadang kerusakan terjadi secara perlahan dan tidak terlihat.

Yang menarik, rooftop kini bukan hanya digunakan untuk tempat jemuran, toren, atau gudang. Rooftop juga bisa dipakai sebagai ruang tamu, ruang keluarga, bahkan untuk kamar tidur. Bahkan, area itu juga dapat dijadikan taman. Apabila pemilik rumah suka membawa kerabat untuk berkumpul di rooftop, dia juga menambahkan kursi dan meja di area itu. Jika tidak ingin duduk di kursi, dia dapat menggunakan rumput sintetis, tentu plus payung besar untuk menahan sinar matahari.Bahkan, ada juga yang membuat kolam renang di rooftop.
(wan)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1696 seconds (0.1#10.140)