Ini Penampakan Kapal Tanker Raksasa Berkapasitas 2 Juta Barel Milik Pertamina

loading...
Ini Penampakan Kapal Tanker Raksasa Berkapasitas 2 Juta Barel Milik Pertamina
Kapal tanker minyak raksasa (Very Large Crude Carrier/VLCC) Pertamina Prime yang berkapasitas 2 juta barel di Kumamoto, Jepang. Foto/Ist/Dok. Pertamina.
JAKARTA - Guna memperkuat jaminan stok dan distribusi bahan bakar nasional (BBM) nasional, PT Pertamina (Persero) meluncurkan kapal tanker minyak raksasa (Very Large Crude Carrier/VLCC) yang berkapasitas 2 juta barel.

Kapal raksasa yang diberi nama Pertamina Prime dan dibangun pada tahun 2018 ini diluncurkan dengan pengapungan kapal untuk pertama kali ke air laut pada Selasa (19/1) lalu di Kumamoto, Jepang. Kapal ini dijadwalkan serah terima pada 30 Maret 2021 mendatang.

Baca Juga: Pertamina Pastikan Kebutuhan BBM dan LPG di Area Terdampak Banjir Kalsel Terpenuhi

Direktur Strategi, Portofolio, dan Pengembangan Usaha PT Pertamina (Persero) Iman Rahman mengatakan, kehadiran kapal VLCC bukan hanya kebanggaan bagi Pertamina, namun juga bagi Indonesia karena memiliki armada yang tangguh dengan performa luar biasa.



"Pembangunan Kapal VLCC ini diharapkan dapat memacu Pertamina untuk makin berdaya saing, tidak hanya di sektor regional namun juga internasional," ujar Imam dalam keterangan pers, Rabu (20/1/2021).

Imam menambahkan, kapal VLCC ini bukanlah kapal yang kecil, oleh karena itu harus dilakukan perencanaan yang baik agar dapat mengoptimalkan utilisasi VLCC, dalam mewujudkan ketahanan dan kemandirian energi nasional.

Ini Penampakan Kapal Tanker Raksasa Berkapasitas 2 Juta Barel Milik Pertamina




Direktur Utama PT Pertamina International Shipping (PIS) Erry Widiastono mengatakan dengan bidang usaha utama pelayaran atau pengangkutan laut, pihaknya mendapat tugas sebagai supporting supply chain distribusi untuk pengangkutan kargo impor Pertamina dengan skema FOB (Free On Board).
halaman ke-1 dari 2
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top