Perhatian! Formasi Seleksi CPNS & PPPK Diumumkan Bulan Ini

Senin, 01 Maret 2021 - 13:30 WIB
loading...
Perhatian! Formasi Seleksi CPNS & PPPK Diumumkan Bulan Ini
Ilustrasi. FOTO/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Tjahjo Kumolo memastikan bahwa pemerintah pada tahun ini akan kembali membuka seleksi aparatur sipil negara (ASN) . Baik untuk seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) maupun pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

Dia mengatakan untuk formasi apa saja yang akan dibuka akan diumumkan pada bulan Maret ini. “Mengenai waktu pengumuman, akan dilakukan pada bulan Maret, setelah proses pembagian untuk masing-masing instansi selesai dilakukan," katanya dikutip dari keterangan persnya, Senin (1/3/2021).



Tjahjo mengatakan bahwa tahun ini kebutuhan ASN yang disiapkan pemerintah sebanyak 1,3 juta. Dimana 1 juta diantaranya adalah untuk formasi guru PPPK.

Program ini adalah untuk menyelesaikan kekurangan tenaga guru yang selama ini diisi oleh tenaga honorer," ujarnya. Selain itu, terdapat 189.000 kebutuhan ASN yang diperuntukan bagi pemerintah daerah. "Kebutuhan 189. 000 ASN ini rinciannya terdiri dari 70.000 untuk formasi PPPK jabatan fungsional selain guru. Lalu 119.000 untuk formasi CPNS untuk berbagai jabatan teknis yang sangat diperlukan. Termasuk tenaga kesehatan," tuturnya.



Sementara untuk instansi pemerintah pusat, Tjahjo mengatakan telah ditentukan kebutuhan sebanyak sekitar 83.000 formasi. Dimana dari jumlah tersebut 50% untuk PPPK dan 50% untuk CPNS. “Sementara terkait dengan persyaratan akan ditentukan oleh masing-masing instansi sesuai dengan kualifikasi jabatan yang dibuka lowongannya,” pungkasnya.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1372 seconds (0.1#10.140)