Urban Farming, Bertani di Lahan Mini Solusi Ketahanan Pangan

Senin, 05 April 2021 - 05:34 WIB
loading...
A A A
Urban-Tradisional Jalan Beriringan
Peneliti dari Pusat Penelitian Bioteknologi-Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Endang Tri Margawati menyebut tren urban farming yang lagi booming tidak akan mengurangi keberadaan pertanian tradisional. Urban farming dan traditional farming diakui akan berjalan beriringan.

Isu ketahanan pangan di masa depan memang sering dikaitkan dengan urban farming. Namun, bagi Endang, ketersediaan pangan, khususnya di Indonesia masih aman.

Pertanian yang dilakukan oleh masyarakat perkotaan ini justru dinilainya seperti yang dilakukan masyarakat pada dahulu kala. "Bukan hanya ingin mendapatkan hasil pertanian, namun kini bisa meluas, misalnya menjual bibit, menanam jenis tanaman lain seperti tanaman hias, juga sayuran organik yang lebih sehat," ujarnya.

Menurutnya, urban farming memang hal yang baik karena jika masyarakat sudah terbiasa menanam tanaman di tempat yang tidak biasa tersebut, dan ketika ada ancaman yang mengganggu produksi pangan, misalnya musim yang tidak menentu, aktivitas bertani dapat dilakukan dengan cara itu.
(ynt)
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1698 seconds (10.101#12.26)