Kemendag Siap Sokong Sumatera Utara Kembangkan Potensi Ekspor

Sabtu, 01 Mei 2021 - 10:59 WIB
loading...
A A A
Salah satu dukungan dalam sistem perdagangan adalah dengan sistem resi gudang (SRG). Dengan sistem ini, kata Jerry, manfaatnya akan dirasakan baik oleh produsen, distributor, sampai dengan konsumen.

“Pemerintah juga untung karena mendukung ketersediaan barang dan stabilitas harga. Jadi itulah sebabnya kami mendorong peningkatan implementasi SRG di seluruh daerah, termasuk Sumatera Utara,” kata Wamendag.

Baca juga:Menag Bertemu Megawati, Ini yang Dibahas

Salah satu rencana SRG di Sumatera Utara adalah menggarap komoditas bawang merah. Yang menarik, Sumatera Utara juga sedang mengusahakan penanaman bawang putih secara massal. Bawang putih selama ini sebagian besar diimpor karena belum bisa diusahakan secara massal di Indonesia.

“Kalau ini berhasil tentu akan jadi terobosan baru dalam penyediaan bahan pokok dan penting di Indonesia. Kemendag siap mendukung agar produksi bisa berkelanjutan dengan support di sistem perdagangannya,” kata Jerry.

Selain bawang merah, SRG di Sumatera Utara juga akan berfokus pada beras dan jagung. Wamendag terus mendorong agar SRG-SRG yang ada bisa beroperasi sebagaimana mestinya. Oleh karena itu, menurutnya diperlukan kolaborasi dan sinergi yang baik dengan pelaku dan dunia usaha.
(uka)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3079 seconds (0.1#10.140)