Pariwisata Mengandalkan Daya Tarik Event dan Ekonomi Kreatif

Sabtu, 02 Juli 2022 - 00:33 WIB
loading...
A A A
Budijanto menilai tren ini menunjukkan peluang besar yang harus dimanfaatkan agar pariwisata Tanah Air terus bergairah. Kegiatan wisata harus diperbanyak karena membuka peluang usaha hingga lapangan kerja yang sangat berdampak besar terhadap pemulihan ekonomi nasional. Indikator itu dapat dilihat dari penjualan tiket penerbangan, paket perjalanan wisata, tiket objek wisata, produk kreatif, dan lainnya

Sayangnya, Budijanto belum bisa merinci berapa jumlah terkini tiket atau akomodasi perjalanan wisata yang laku terjual selama 2022. Namun, dia memerkirakan kenaikannya akan melebihi tahun lalu. “Data pasti belum kita dapatkan. Tapi kenaikan diperkirakan mencapai 100%,” jelas dia.

Sementara itu, pengamat pariwisata Taufan Rahmadi mengatakan, kian bergairahnya sektor pariwisata akan berdampak terhadap pemulihan ekonomi. Tren positif ini tak pelak sebagai dampai dark berbagai terobosan yang dilakukan pemerintah seiring dengan melandainya kasus Covid-19 dan percepatan vaksinasi yang terus dilakukan.

Faktor lainnya yakni herd immunity di Indonesia yang saat ini sudah melebihi 80%. Kondisi tersebut menandakan publik merasa aman sehingga mereka tak takut lagi berkunjung ke tempat wisata. Muncul antusiasme yang tinggi dari masyarakat untuk kembali berwisata.

“Rasa aman berkunjung wisata itu lebih besar daripada di awal pandemi. Ditambah lagi istilahnya 3B: bosan kerja, bosan di rumah, mulai berlibur. Jadi, lebih kepada faktor yang mendorong itu karena keinginan masyarakat untuk mencari tempat yang lebih fresh, tempat mereka menghilangkan kepenatannya. Caranya dengan berlibur,” ujar Taufan kepada Koran SINDO, Selasa (28/6).

Berkaca dalam beberapa bulan terakhir, banyak penyelenggaraan event yang dilakukan pemerintah pusat hingga daerah untuk menarik minat wisatawan. Taufan mengapresiasi pemerintah sadar adanya potensi wisata yang harus terus digarap sehingga pariwisata kembali bergeliat.

Sebagai contoh, perhelatan sport tourism yang terbukti ampuh menarik minat pengunjung dari luar maupun dalam negeri untuk datang menyaksikan turnamen sekaligus menikmati wisata lokal setempat. Ajang olahraga itu antara lain World Super Bike, MotoGP, Formula E, hingga MXGP (motocross) yang baru selesai diselenggarakan.
(ynt)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1077 seconds (0.1#10.140)