Jadi Pahlawan Digital, Generasi Muda Harus Produktif dan Inovatif

Sabtu, 30 Juli 2022 - 22:32 WIB
loading...
A A A
“Ini sering salah kaprah. Menginstal aplikasi gratis lalu memberikan semua akses dan izin. Padahal, mungkin saja ada aplikasi yang tanpa sadar diciptakan untuk memata-matai kita. Jadi, jangan sembarang memberikan izin ketika menginstal aplikasi,” tukasnya.

Menurut dia, ada banyak jumlah perangkat keras dan lunak yang memiliki spesifikasi masing-masing. Namun, kegunaannya masih terus dikembangkan. Adi pun mengimbau masyarakat untuk tidak lelah belajar dan memahami perkembangan teknologi agar tidak gagap teknologi alias gaptek.

“Tidak ada yang gaptek kalau kita mau belajar. Semua sumber informasi ada, mari membaca. Kadang kita terjebak, berada di zona nyaman, sering beranggapan bahwa semuanya sudah dipermudah dengan aplikasi, tinggal klik tapi tidak tahu fungsi dan kegunaannya. Kalau memang masih gaptek, ayo belajar, gabung dengan komunitas dan tanyakan ke ahlinya,” saran dia.



Lebih lanjut, Ketua Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) Sulsel Syamsu Rizal menyampaikan, selain tol darat dan tol laut, saat ini juga ada tol langit yaitu jaringan infrastruktur digital yang memang tidak kelihatan tapi mampu memberikan berbagai percepatan.

Dia menerangkan, pengembangan ekosistem digital dilakukan melalui pemutakhiran penguasaan teknologi digital, pemutakhiran pemahaman dan penguasaan sikap digital, serta perubahan tingkah laku adaptif digital.

Terkait perilaku di era digital, Syamsu menegaskan bahwa yang terpenting bukan sekadar memahami dan pandai mengoperasikan aspek digital (teknis dan non teknis) melainkan paham cara memanfaatkannya untuk pemenuhan kebutuhan dan mencapai tujuan.

“Semua orang punya tujuan dalam berinteraksi dengan dunia digital, tapi kadang karena keasyikan kita lupa pada tujuan kita, padahal waktu dan sumber daya kita terbatas. Kebutuhan dan tujuan itu adalah proses seleksi, bagaimana kita menyaring dan memfilter, mana yang mau diserap dan mana yang tidak perlu atau bahkan harus dibuang. Dari situ akan muncul ekosistem digital yang sehat,” paparnya.



Dengan hadirnya program Gerakan Nasional Literasi Digital oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI diharapkan dapat mendorong masyarakat menggunakan internet secara cerdas, positif, kreatif, dan produktif di era industri 4.0.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1303 seconds (0.1#10.140)