alexametrics

Ini Proyeksi Terkini Pertumbuhan Ekonomi RI 2020 dari Berbagai Lembaga

loading...
Ini Proyeksi Terkini Pertumbuhan Ekonomi RI 2020 dari Berbagai Lembaga
Proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia di 2020 dari Kemenkeu dan lembaga keuangan dunia lainnya menunjukkan prospek muram. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyampaikan proyeksi terbaru pertumbuhan ekonomi Indonesia 2020 per bulan Juni. Proyeksi ini disampaikan oleh beberapa lembaga selain Kemenkeu, seperti IMF, World Bank, OECD, ADB, dan Bloomberg.

Kepala Pusat Kebijakan APBN BKF Kemenkeu Ubaidi S Hamidi mengatakan, IMF memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia 2020 berada di angka -0,3%. Sementara itu, World Bank di angka 0%, OECD yang paling rendah -3,9 sampai --2,8%

"Kemenkeu memproyeksikan di angka -0,4% sampai 1%, ADB -1% dan Bloomberg memproyeksikan di angka 0,5%," papar Ubai dalam video conference "Tanya BKF", Jumat (3/7/2020).

(Baca Juga: Sri Mulyani Obral Stimulus dan Insentif Dorong Pertumbuhan Ekonomi)



Ubai menambahkan, dampak perekonomian ini ke depannya akan mempengaruhi terhadap penyesuaian di sisi Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

Setidaknya, kata dia, ada dua hal utama dalam penyesuaian di APBN. "Pertama, dampak terhadap tekanan di sisi tanggungan negara, kemudian yang kedua adalah adanya tambahan beberapa belanja negara yang ekonomi itu tetap dalam koridor," jelasnya.
(fai)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak
Top