Songsong 2023, Kementan Pantau Stok dan Suplai Pangan di Sumsel

Kamis, 29 Desember 2022 - 21:58 WIB
loading...
A A A
Tim Satgas Pangan PJ Sumsel, Kapusdik Idha Wa didampingi Kepala SMKPPN Sembawa Yudi Astoni dan Kepala DKPP Sumsel Razuan Efendi dan Kadistan Pemkot Palembang Sayuti langsung melakukan sidak ke Pasar Km 5 dan Pasar Sekip di Kota Palembang.

Dalam sidak tersebut, terpantau bahwa stok dan suplai pangan maupun harga di Pasar Km 5 dan Pasar Sekip masih aman terkendali. “Sehingga masyarakat tidak perlu khawatir pada harga pangan lantaran stok dan suplai memadai,” kata Kapusdiktan Idha WA.

Menurut Idha WA, dari hasil sidak tersebut diketahui bahwa harga beberapa kebutuhan pangan memang mengalami sedikit peningkatan. Barang yang mengalami kenaikan harga seperti cabai, bawang merah dan bawang putih. Sedangkan minyak goreng dan beras relatif stabil. Begitu pula lauk-pauk seperti daging dan ayam potong mengalami kenaikan, tetapi masih stabil.

“Memang menjelang hari-hari besar ada pemakluman kenaikan harga, yang bisa ditolerir dan wajar serta tidak terjadi inflasi di daerah ini. Setelah dicek bersama dinas terkait dapat dipastikan ketersediaan untuk semua komoditas mencukupi dan memadai,” kata Idha WA.

Kepala DKPP Sumsel Razuan Efendi mengapresiasi langkah Kementan yang selalu memperhatikan pangan dan harga tidak terlalu ada gejolak dan terhitung wajar. “Malah ada penurunan harga di telur dan harga daging stabil. Mengingat Sumsel adalah lumbung pangan nasional dan dikelilingi sentra produksi pangan,” katanya.

Menurut Razuan, peningkatan aktifitas pembelian masyarakat jelang Nataru selalu terjadi. “Sejumlah komoditas mengalami kenaikan harga, namun masih dalam tingkatan wajar. Jadi diharapkan masyarakat jangan panik dan melakukan penyetokan bahan secara berlebihan,” harap Ruzuan.
(dar)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2818 seconds (0.1#10.140)