Daftar Negara Eropa yang Berutang ke China, Awas Jebakan!

Senin, 05 Agustus 2024 - 20:18 WIB
Pelabuhan ini berada pada lokasi strategis antara benua Asia dan Eropa. Tidak dapat dipungkiri bahwa investasi dari Beijing telah mendorong kebangkitan di Pelabuhan Piraeus sejak pemerintah Yunani terpaksa menjualnya, beserta dengan aset-aset publik lainnya usai negara para dewa itu dihantam krisis ekonomi pada 2008.

Tak hanya itu, China juga menanamkan sejumlah investasi besar yang berbeda di Yunani, termasuk pada sektor energi dan real estate. Namun seperti semua tetangganya di Eropa, ekonomi Yunani juga berjuang mengatasi berbagai dampak dari perang Ukraina.

Banyak negara sedang mengkaji kembali apa dampaknya berbisnis dengan China. Di Piraeus, dugaan kerusakan lingkungan akibat perluasan pelabuhan telah mendorong masyarakat setempat menggugat Cosco. Mereka khawatir atas pengerukan dasar laut yang tidak terkendali dan polusi yang ditimbulkan.

Selain itu ada kecemasan soal potensi 'jebakan utang' yang mungkin datang dengan investasi China di Yunani. Sementara itu Yunani bukan satu-satunya bagian di Eropa di mana miliaran dolar dari Beijing telah diinvestasikan.

4. Hongaria

Negara ini merupakan negara penerima investasi Belt and Road Initiative (BRI) terbesar di dunia pada tahun 2022. China telah mendanai pembangunan jalan raya baru dan membangun jalur kereta api di Hongaria, dari Budapest ke ibu kota Serbia, Beograd.

5. Montenegro

Montenegro mengambil pinjaman sebesar satu miliar dolar dari China pada tahun 2014 untuk membangun jalan raya baru, yang masih belum selesai. Utang yang jumlahnya lebih dari sepertiga anggaran tahunan Montenegro, terancam akan membuat negara itu bangkrut.

Munculnya kecemasan terhadap jebakan utang China, merujuk proyek besar lainnya di Eropa. Seperti halnya Serbia, begitu pula di Montenegro - yang sama-sama di luar orbit peraturan UE.

Jalan tol yang sudah lama digagas itu bertujuan meningkatkan perdagangan di negara Balkan tersebut - dengan menghubungkan pelabuhan Bar, di Laut Adriatik di selatan, ke perbatasan Serbia di utara. Tapi studi kelayakan Eropa berturut-turut menyimpulkan proyek itu akan terlalu rumit dan terlalu mahal.

Lalu datanglah China dengan investasi USD1 miliar. Itu bukan hadiah untuk Montenegro, tapi pinjaman yang harus dibayar kembali. Namun, enam tahun setelah pekerjaan konstruksi dimulai, baru sekitar 41km yang telah dibangun - menjadikannya salah satu jalan tol termahal di dunia.

6. Kroasia

Ketika investasi China mendapatkan banyak kritikan, ada salah satu proyek yang dianggap sebagai bentuk ideal dari kerja sama antara Timur dan Barat. Proyek tersebut adalah jembatan Pelješac yang menjadi proyek infrastruktur terbesar Kroasia.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More