Mengapa Palestina Ingin Gabung BRICS saat Israel Brutal Gempur Gaza?

Kamis, 29 Agustus 2024 - 07:23 WIB
Perluasan kelompok ini merupakan kesempatan unik bagi Palestina untuk mendiversifikasi aliansi ekonomi dan politiknya sambil mengambil manfaat dari platform global untuk menegaskan hak-hak dan aspirasinya. Bahkan, di luar tantangan ekonomi, keanggotaan BRICS akan menawarkan Palestina sebuah cara untuk memperkuat posisi diplomatiknya dan mendapatkan dukungan baru di panggung internasional.

Strategi Geopolitik Baru

Strategi Palestina untuk bergabung dengan BRICS dapat mengubah posisi internasionalnya secara mendalam. Dengan berintegrasi ke dalam kelompok negara berkembang ini, Palestina dapat mengurangi ketergantungannya pada bantuan Barat dan mendiversifikasi sumber-sumber dukungan ekonomi dan diplomatiknya.

Baca Juga: Palestina Siap Gabung BRICS, Diundang Langsung Presiden Putin

Langkah berani ini juga dapat memperkuat solidaritas internasional terhadap perjuangan Palestina sambil menawarkan peluang ekonomi melalui perjanjian bilateral dan multilateral di dalam kelompok tersebut.

Namun, inisiatif tersebut juga dapat menimbulkan reaksi beragam dari mitra-mitra tradisional Palestina, terutama mereka yang memiliki hubungan yang tegang dengan beberapa anggota BRICS. Kebijakan luar negeri BRICS dapat terpengaruh secara signifikan, terutama jika Palestina menggunakan platform ini untuk mendorong resolusi terkait situasi di Timur Tengah.

Selain itu, upaya untuk bergabung dengan BRICS mencerminkan keinginan Palestina untuk memainkan peran yang lebih aktif dan berpengaruh di panggung internasional meskipun ada banyak kendala yang harus diatasi.
(nng)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More