Menumbuhkan UMKM Melalui Penjaminan

Rabu, 27 Oktober 2021 - 16:28 WIB
Apa saja produk penjaminan dari Jamkrindo?

Kita memiliki banyak produk penjaminan seperti KUR, Kredit Modal Kerja dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional (KMK PEN), Kontra Bank Garansi dan Suretyship, Kredit Konsumtif, Penjaminan produktif non KUR dan non KMK PEN. Untuk yang non KUR dan non KMK PEN ini contohnya kredit mikro, konstruksi, dan umum. Kalau kredit mikro masuknya komersial, beda dengan KUR UMKM lebih di batasan plafon dan bunga.

Produk mana yang paling visible?

Sampai saat ini masih program pemerintah yaitu KUR dan KMK PEN. Tetapi kalau produk kami secara keseluruhan, saat ini profitabilitasnya sudah positif.

Berapa marketshare Jamkrindo saat ini?

Sekarang market kita 99%.

Di masa pandemi, sejauh mana kinerja Jamkrindo?

Hasilnya positif. Laba tumbuh sekitar 97% year on year (yoy) di Agustus 2021. Kalau profitnya tahun ini sekitar Rp554 miliar sampai September. Secara year on year (yoy) September 2020 itu labanya sekitar Rp300,8 miliar. Mayoritas ditopang oleh KUR dan KMK PEN.

Dari jumlah debitur yang dijamin Jamkrindo, sampai Agustus 2021 sekitar 2,9 juta UMKM dengan total penyerapan tenaga kerja mencapai 3,2 juta orang. Jumlah kredit atau volume penjaminan yang sudah kita jamin sekitar Rp100,5 triliun. Jika diakumulasikan sejak 2007 saat KUR diluncurkan, total 22 juta UMKM yang sudah dijamin dengan penyerapan tenaga kerja melebihi 31 juta orang. Nilai total yang sudah disalurkan sekitar Rp513 triliun. Ini dilihat dari jumlah debitur atau penyaluran yang jadi ukuran, bukan outstanding-nya.

Apa yang membedakan dengan asuransi?
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More