Ini 11 Negara dengan Pajak Bandara Termahal di Dunia

Senin, 18 Juli 2022 - 13:57 WIB
2. Australia

Biaya Passenger Movement Change (PMC) milik Australia juga menjadi salah satu yang termahal di dunia. Tarif sebesar 55 dolar Australia dikenakan pada penumpang yang meninggalkan negara itu melalui penerbangan internasional.

Pajak tersebut pertama kali muncul pada 1995. PMC ini menggantikan pajak keberangkatan yang sebelumnya digunakan untuk mengimbangi biaya pemeriksaan bea cukai dan imigrasi bagi pemerintah.

Pada tahun 2019, Australia menempati peringkat 127 dari 140 negara dalam hal pajak tiket dan biaya bandara. Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IATA) berpendapat bahwa penghapusan tarif akan membawa keuntungan pariwisata senilai 1,7 miliardolar Australia ke Negeri Kanguru tersebut.

3. Rusia

Menurut studi dari UHY pada tahun 2019, pajak bandara paling mahal untuk penerbangan jarak jauh dimiliki oleh Rusia. Bagi penumpang yang hendak melakukan penerbangan jauh harus merogoh kocek hingga USD272. Sedangkan untuk jarak pendek dikenakan USD52.

Ketua UHY Ladislav Hornan menyatakan bahwa Rusia sedang merencanakan pengurangan sementara untuk pajak bandara. Hal ini dilakukan untuk mengurangi tekanan pada industri penerbangan yang tengah berada dalam keadaan tidak bagus.

4. Republik Dominika

Republik Dominika mengenakan pajak bandara yang cukup tinggi untuk mendanai industri pariwisatanya. Penumpang diharuskan membayar biaya infrastruktur bandara senilai USD33. Selain itu, dikenakan pula biaya otoritas bandara senilai USD30 dan pajak keberangkatan senilai USD20.

5. Bahama
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More