5 Negara Uni Eropa yang Impornya dari Rusia Meningkat Sejak Invasi

Sabtu, 25 Februari 2023 - 06:30 WIB
loading...
A A A
Krisis Gas Eropa

Jerman yang mengimpor setengah dari gasnya dari Rusia, telah berhasil memangkas impor hingga sepertiga.

Meskipun menyebabkan frustrasi atas kebijakan tanknya, Jerman juga telah menyumbang persenjataan berat yang setara dengan 12% dari armadanya untuk perang, termasuk kendaraan lapis baja, howitzer, dan peluncur roket.

Inggris menduduki peringkat teratas di Eropa, setelah hampir sepenuhnya menghapus impor Rusia. Fokusnya pada dukungan militer, setara dengan 60% dari semua bantuan Eropa yang dikirim ke negara itu, membuat Inggris mendapat kehormatan atas kunjungan pertama Volodymyr Zelensky di luar Ukraina pada tahun 2023.

Tetapi Inggris berada dalam posisi unik untuk memutuskan hubungan dengan Rusia begitu cepat. Sebelum perang, tercatat hanya 5% gas Inggris yang berasal dari Rusia, membuat diversifikasi menjadi lebih mudah.

Di seluruh UE, impor gas dari Rusia telah turun dari 50% secara keseluruhan total menjadi hanya 20% pada November 2022. Tetapi menggantikan pasokan gas Rusia lebih sulit bagi beberapa negara.

Tahun lalu, perdagangan Spanyol dengan Aljazair - salah satu pengekspor minyak terbesar ke UE - runtuh karena sengketa teritorial di Sahara Barat. Hasilnya adalah dorongan menjadikan Rusia sebagai importir terbesar kedua di Spanyol, dimana nilai impornya meningkat lebih dari dua kali lipat.
(akr)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2015 seconds (0.1#10.140)