Dibayangi Resesi Ekonomi RI Tetap Kondusif, Kinerja APBN Tuai Hasil Positif

Selasa, 28 Februari 2023 - 09:25 WIB
loading...
Dibayangi Resesi Ekonomi RI Tetap Kondusif, Kinerja APBN Tuai Hasil Positif
Kinerja penerimaan kepabeanan dan cukai masih berjalan sesuai jalurnya. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ancaman resesi global yang menghantui di tahun 2023 tak lantas membuat ekonomi Indonesia terpuruk. Kinerja ekonomi RI hingga akhir Januari lalu menjadi salah satu yang paling resilient di dunia.

Tren pertumbuhan ekonomi nasional pun menunjukan hasil positif di seluruh wilayah dan sektor industri, yang diikuti melandainya inflasi dan surplus pada neraca perdagangan.

Kinerja APBN awal tahun 2023 menunjukkan hasil yang sangat positif, dengan anggaran pendapatan dan anggaran belanja negara masing-masing mencapai nilai Rp232,2 triliun dan Rp141,4 triliun atau tumbuh 48,1% secara tahunan (year-on-year/yoy) dan 11,2 (yoy).

Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai Kementerian Keuangan, Hatta Wardhana mengatakan, hasil positif tersebut terjadi salah satunya disumbang oleh penerimaan dari sektor bea masuk, bea keluar, dan cukai.

“Kinerja penerimaan kepabeanan dan cukai masih berjalan sesuai jalurnya. Tercatat penerimaan bea masuk saat ini telah mencapai angka Rp4,09 triliun atau naik 22,56% (yoy),” ungkapnya, Selasa (28/2/2023).

Dia melanjutkan, sektor cukai juga menunjukan tren positif dengan mengumpulkan penerimaan sebesar Rp18,4 triliun atau meningkat 4,97% (yoy). Di sisi lain, bea keluar justru mengalami perlambatan dengan hanya mengumpulkan penerimaan sebesar Rp1,6 triliun.

“Kondisi ini terjadi akibat adanya penurunan harga CPO (crude palm oil/minyak sawit mentah) dan jumlah ekspor komoditi mineral tambang,” terang dia.

Selain kontribusi dari sektor penerimaan, Bea Cukai juga mendorong peningkatan perekonomian nasional melalui berbagai sektor lainnya.

Hatta menyontohkan dalam fungsi pengawasan, pihaknya secara konsisten berperan aktif mencegah masuk dan beredarnya barang ilegal ke wilayah NKRI.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2068 seconds (0.1#10.140)