Bukti Ganjar Pranowo Dekat dengan UMKM, Nomor 2 Inspiratif

Kamis, 12 Oktober 2023 - 16:45 WIB
loading...
A A A
Ketika mengunjungi pameran UMKM di HUT ke-78 Jawa Tengah di Brebes, Calon Presiden Ganjar Pranowo menjelaskan awal mula berdirinya "Lapak Ganjar" yang ia inisiasi untuk membantu pemasaran produk para pelaku UMKM yang terdampak pandemi.

Berberkal akun Instagram pribadinya dengan jumlah followers atau pengikut mencapai 6 juta orang, Ganjar Pranowo memberanikan diri untuk membuat Lapak Ganjar untuk mempromosikan UMKM di Jawa Tengah.

Caranya sangat sederhana, yaitu dengan mengunggah foto di Instagram sesuai dengan tema yang diberikan setiap minggu, dan menyertakan keterangan lokasi dan nomor telepon agar calon pembeli dapat langsung menghubungi penjualnya.

Mantan Gubernur Jateng yang telah menjabat dua periode ini juga merasa bersyukur karena program "Lapak Ganjar" telah memberikan manfaat yang besar bagi banyak pelaku UMKM. Beberapa di antaranya bahkan sudah mampu membeli rumah dan mengekspor produk mereka ke pasar internasional.

“Alhamdulillah, sudah ada yg bisa beli rumah, bisa sampai pasar mancanegara. Saya turut senang, gerakan kecil bisa berdampak besar dan bisa membantu para pelaku UMKM. Promosinya gratis, bikin laris,” ungkap Ganjar.

Ganjar merasa senang bahwa gerakan kecil seperti "Lapak Ganjar" dapat memberikan dampak yang signifikan dan membantu pelaku UMKM. Ia menekankan bahwa promosi melalui program ini adalah gratis dan berhasil meningkatkan penjualan produk.

3. Ganjar Lepaskan Ekspor UMKM Binaan Pemerintah Jawa Tengah

Pada bulan Mei 2023, Ganjar Pranowo menghadiri dalamacara pelepasan produk UMKM asal Jawa Tengah yang akan di ekspor ke berbagai belahan dunia. Setidaknya terdapat 7 kontainer yang berisikan berbagai produk UMKM yang nilanya mencapai 7,2 miliar rupiah.

Dalam konteks perdagangan pasca-pandemi, kegiatan ekspor di Jawa Tengah telah membaik. Pada triwulan pertama tahun 2023 saja, neraca perdagangan Jawa Tengah tercatat surplus sebesar USD708 juta dolar. Ganjar Pranowo menyatakan bahwa ekspor UMKM akan mempercepat pemulihan ekonomi Jawa Tengah dan berkontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi daerah.

"Ini kabar menggembirakan ya, pendampingan pada UMKM ternyata sudah membuahkan hasil. Banyak aneka olahan produk UMKM kita yang kami dampingi, berkelas dunia. Ini momentum agar UMKM kita naik kelas," ujar Ganjar.



Pelaku UMKM mengaku merasakan adanya pemerintah selalu siap membantu mengatasi setiap kendala yang mereka hadapi. Mereka merasa terbantu dengan kehadiran mal pelayanan publik yang merespons masalah dengan cepat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1180 seconds (0.1#10.140)