Hindari Middle Income Trap, Ganjar Bidik Pertumbuhan Ekonomi 7 Persen

Rabu, 15 November 2023 - 09:59 WIB
loading...
A A A
Istilah middle income trap pertama kali dibahas oleh Bank Dunia (World Bank) pada tahun 2007 dalam laporan berjudul "An East Asian Renaissance: Ideas for Economic Growth".

Secara harfiah, middle income trap memiliki arti 'jebakan pendapatan kelas menengah'. Istilah ini menggambarkan situasi di mana suatu negara berhasil mencapai peningkatan dari segi ekonomi, berada pada tingkat menengah, namun terjebak pada level yang sama. Akibatnya, negara tersebut mengalami kesulitan untuk menjadi negara maju atau mencapai kelas pendapatan tinggi.

Secara umum, negara yang terjebak pada middle income mengalami stagnasi pendapatan kelas menengah dan belum mampu mencapai kelompok pendapatan yang lebih tinggi akibat berbagai faktor. Salah satu faktor penyebab middle income trap adalah ketidakmampuan bersaing pada sektor manufaktur, yang dianggap mengkhawatirkan dari perspektif ekonomi.



Pertumbuhan ekonomi, yang awalnya hanya menjadi hasil diskusi antara calon presiden Ganjar Pranowo dan Sri Mulyani, kini diharapkan dapat terwujud apabila Ganjar dan Mahfud terpilih dalam Pemilihan Presiden 2024, membantu Indonesia menghadapi tantangan ekonomi saat ini, dan mempersiapkan negara untuk pertumbuhan berkelanjutan di masa depan.

(uka)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2374 seconds (0.1#10.140)