Catat! Ini 5 Perbedaan Pinjol Legal dan Pinjol Ilegal

Kamis, 30 November 2023 - 14:41 WIB
loading...
A A A

3. Perlindungan Konsumen


Pemberi pinjol legal biasanya mematuhi peraturan perlindungan konsumen yang ditetapkan oleh pemerintah. Mereka memberikan hak kepada peminjam, seperti hak untuk membatalkan pinjaman dalam jangka waktu tertentu, serta memberikan akses yang jelas kepada informasi terkait pinjaman.



Sementara itu, pinjol legal tidak peduli dengan hak-hak konsumen. Mereka mungkin mengambil keuntungan dari ketidakpahaman atau keputusasaan peminjam dan tidak memberikan perlindungan yang memadai terhadap pelanggaran hak konsumen.

4. Kemudahan Syarat Pengajuan Pinjaman


Pada umumnya pihak pemberi pinjol legal akan memberikan sejumlah pertanyaan terkait kemampuan peminjam mulai dari pekerjaan, penghasilan perbulan, dan tujuan peminjaman.

Berbeda dengan pinjol ilegal, proses pengajuan terjadi tanpa meminta informasi tentang alasan pinjaman, sehingga pinjaman akan lebih mudah cair.

5. Sistem Penagihan


Perusahaan fintech pemberi layanan pinjaman online legal pastinya memiliki standar dan kualitas tim penagihan yang baik bahkan bersertifikasi. Sehingga proses penagihan tunggakan juga memiliki prosedur yang jelas.

Berbeda dengan tim penagihan pinjol ilegal, pihaknya akan melakukan penagihan secara semena-mena, bersifat mengancam, dan pastinya akan bertentangan dengan hukum.

Itulah 5 hal yang perlu diketahui tentang perbedaan pinjol legal dan pinjol ilegal. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.
(okt)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1291 seconds (0.1#10.140)