Dari Jualan dengan Gerobak Keliling, Sudar Kini Juragan Bakso Malang Berkat KUR BRI

Rabu, 27 Maret 2024 - 20:22 WIB
loading...
A A A
Dia pun akhirnya memilih untuk fokus sepenuhnya di tiga cabang miliknya, dua di Masjid Al Ittihat, Kelurahan Pondok Terong, Kecamatan Cipayung, Kota Depok, Jawa Barat dan satunya di Pasir Putih, Sawangan, Depok. "Tiga cabang masih berjalan. Gerobak tinggal satu yang berjalan," ujarnya.

Dalam mengembangkan usahanya, Sudar mengaku memperoleh permodalan datri kredit usaha rakyat (KUR) BRI. Dia mengatakan, tambahan modal tak bisa dielakkan guna menjalankan usahanya. "Pinjam KUR BRI dari Rp2 juta, sampai saat ini sudah Rp85 juta," ucapnya.

Tak berhenti di usaha bakso Malang-nya, Sudar pun getol menginvestasikan keuntungan usahanya. Dia memilih memperbanyak aset rumah untuk dijadikan kontrakan yang dinilainya cukup tepat di wilayah Depok. "Sudah punya enam rumah itu termasuk kontrakan," tuturnya.



Dia pun berharap usahanya makin terus berkembang agar dapat terus membuka lapangan pekerjaan dan menambah aset-aset lainnya."Target, kalau mampu, ingin membeli lahan," ujarnya.

BRI Konsisten Dukung UMKM Naik Kelas

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) mendapatkan alokasi KUR terbesar untuk tahun 2024, yakni Rp165 triliun meskipun tercatat lebih rendah dibandingkan target pada 2023 sebesar Rp 194,4 triliun.

Direktur Bisnis Mikro BRI Supari mengatakan pihaknya berkomitmen untuk dapat memenuhi target tersebut mengingat saat ini BRI sudah memiliki infrastruktur yang memadai serta sumber pertumbuhan baru melalui Ekosistem Ultra Mikro bersama Pegadaian dan PNM.

"Dari sisi infrastruktur, saat ini BRI telah memiliki BRISPOT yang terus dioptimalisasikan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pekerjaan tenaga pemasar (mantri). Selain itu kami juga akan mengoptimalkan potensi dari ekosistem model bisnis baru seperti PARI dan Localoka,” kata Supari dalam keterangan resmi.

Pada 2023 lalu, BRI telah berhasil menyalurkan KUR senilai Rp163,3 triliun kepada 3,5 juta debitur. Mayoritas penyaluran KUR BRI disalurkan untuk sektor produksi dengan proporsi mencapai 57,38 persen.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1987 seconds (0.1#10.140)