Lima Bisnis yang Bakal Moncer Pasca-Pandemi Versi Jonan

Kamis, 26 November 2020 - 15:03 WIB
loading...
A A A
Keempat, bisnis lingkungan hidup. Perihal lingkungan hidup ini sudah tampak ketika Uni Eropa (EU) mempermasalahkan hasil komoditas kelapa sawit Indonesia. Bahkan, dalam World Economic Forum, sudah dicanangkan penanaman satu triliun pohon di seluruh dunia dalam tempo waktu lima tahun. ( Baca juga:Tesla Siap Produksi Charger Mobil Listrik di China Tahun Depan )

"Jadi ini menurut saya akhirnya makin lama akan datang. Tidak peduli apakah Presiden Amerikanya Presiden Trump atau Biden dan sebagainya," jelasnya.

Lalu bisnis yang terakhir yang akan moncer adalah artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan yang didukung oleh perkembangan teknologi. Menurut Jonan, perkembangan AI ini harus diwaspadai dan dicari jalan keluarnya karena akan berdampak pada tenaga kerja di Indonesia yang nantinya akan digantikan oleh robot.

"Kalau ini datang negara kita harus pikirkan workforce (tenaga kerja) mau dididik bentuknya seperti apalagi, banyak ke depan kegiatan bisa pakai robot. Jadi workforce kita harus dididik untuk bisa sesuaikan dengan zaman mendatang," jelasnya.
(uka)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4058 seconds (0.1#10.140)