UMKM Mencoba Berinovasi Hadapi Hantaman Pandemi Covid-19

Senin, 01 Februari 2021 - 13:32 WIB
loading...
UMKM Mencoba Berinovasi Hadapi Hantaman Pandemi Covid-19
UMKM terus berinovasi untuk bisa bertahan dari hantaman pandemi Covid-19. Foto/dok.
A A A
JAKARTA - Pandemi Covid-19 berdampak ke segala sektor, salah satunya sektor ekonomi. Hal ini dirasakan secara signifikan oleh para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang mengalami pukulan telak. Turunnya daya beli masyarakat akibat pandemi Covid-19 juga sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan usaha UMKM. Saat ini, UMKM mengalami berbagai permasalahan seperti penurunan penjualan, permodalan, distribusi terhambat, dan kesulitan bahan baku.

(Baca Juga : Ditekan Melonjaknya Kasus Covid-19, IHSG Diramal Bakal Meriang )

UMKM sebagai penggerak ekonomi domestik dan penyerap tenaga kerja tengah menghadapi penurunan produktivitas yang berakibat pada penurunan profit secara signifikan. Langkah mitigasi jangka pendek yang sudah dilakukan pemerintah yakni menciptakan stimulus pada sisi permintaan dan mendorong platform digital (online) untuk memperluas kemitraan.

Head Of Jalle Niaga Global (JNG) Jakarta Teddy Wijaya mengungkapkan, sebagai usaha kecil yang bergerak di industri alas kaki, pihaknya mencoba memanfaatkan momentum krisis ini untuk melakukan inovasi dengan nenperbanyak varian produk untuk pasar domestik. “Kami berupaya agar produk yang dihasilkan dari tangan terampil para perajin lokal bisa terus membangkitkan industri alas kaki nasional,”ujarnya dalam keterangan terulis Senin (1/2/2021).

(Baca Juga : Harga Emas Naik Tipis Hari Ini, Bunda Minat Engga? )

Disaat pandemi ini, lanjut dia, sebagai usaha kecil menengah, JNG melihat peluang untuk membuat produk fashion lokal dengan menggunakan tenaga perajin lokal yang terkena efek dari pandemi.”Tujuannya untuk membantu para perajin yg kehilangan pekerjaan. Walaupun belum signifikan efeknya, tetapi kami berharap ke depannya bisa memberdayakan lebih banyak perajin lokal,” kata Teddy. Perajin yang tergabung dalam produksi Justlook memiliki keahlian yang terampil dan mumpuni, sehingga kualitas produknya bisa bersaing dengan merek dari luar negeri. “Kami mulai dengan produk sepatu, seperti heels, wedges, dan kaos kaki. Ke depan kami coba hadirkan semakin banyak produk fashion baru lainnya, dengan yang sangat terjangkau,” imbuhnya.

(Baca Juga : Jalan Panjang Menuju UMKM Melek Digital Perbankan )

Dia memapatkan, di masa pandemi saat ini, JNG akan terus mendengar kebutuhan dari masyarakat, sehingga ke depannya bisa terus membuat produk yang dibutuhkan oleh masyarakat. “Untuk pemasaran kami memasarkan secara online melalui platform marketplace. Apalagi di era sekarang, sekarang masyatakat banyak yang memilih belanja secara online,” katanya.
(ton)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2108 seconds (0.1#10.140)