Berkat BTN, Bisnis Properti Sulsel Tangguh di Masa Pandemi

Selasa, 09 Februari 2021 - 19:06 WIB
loading...
A A A
Baca Juga: BTN Pimpin Penyaluran FLPP 2020

“Direksi menargetkan pertumbuhan posisi pembiayaan BTN wilayah 5 sebesar 7-8% di tahun 2021, dengan tetap berfokus pada segmen konsumer khususnya KPR dan juga tetap mendorong pertumbuhan pada segmen SME,”ujarnya.

Sementara itu, dari sisi kerja sama dengan pengembang sudah mencapai 5.000 pengembang atau developer di wilayah Kalimantan Sulampua yang saat ini sudah bekerja sama dengan Bank BTN . Khusus wilayah Sulsel sendiri kurang lebih 400 pengembang yang telah bekerja sama dari beberapa asisiasi seperti REI, Apersi, Pengembang Indonesia (PI) dan Himpera.

Pandemi Covid-19 memang memiliki pengaruh cukup signifikan terutama pada kondisi perekonomian sebagian besar masyarakat Indonesia tidak terkecuali di wilayah Sulsel. Dalam situasi seperti ini, BTN tentu mengambil langkah startegis dalam menjalankan bisnis termasuk dalam penyaluran pembiayaan KPR,” terangnya.

Bank BTN lebih jeli menangkap peluang bisnis yang masih bisa menyumbang profit. Hal ini dilakukan dengan melakukan analisis data sektor-sektor mana saja yang sangat terpengaruh pandemi dan yang masih berpeluang tumbuh positif, serta melakukan diferensiasi segmen-segmen mana saja yang masih akan mengalami pertumbuhan, berdasarkan produk, letak geografis, dan jenis pekerjaan nasabah.

“Tren memanfaatkan layanan digital pembiayaan KPR, di mana layanan digital memang merupakan salah satu strategi BTN dalam meningkatkan penyaluran KPR dan hal ini tidak asing lagi bagi BTN karena digitalisasi merupakan concern dari BTN untuk memberikan kemudahan layanan bagi nasabah,” katanya.

Pertengahan April 2020 lalu, BTN memberikan layanan KPR from home yakni sistem pengajuan berkas kredit pemilikan rumah (KPR) yang semuanya bisa dilakukan secara online. Di tengah penerapan physical distancing dan pembatasan sosial berskala besar (PSBB), konsumen hanya perlu mengakses portal BTN properti saja. BTN menyediakan fitur 4D tour service untuk membantu memilih produk properti yang diinginkan. Konsumen bisa melihat detail unit hingga ke seluruh sudut ruangan, seolah-olah masuk ke dalam rumah atau apartemen yang ingin dilihatnya.



Layanan BTN Properti selain dapat diakses melalui web portal www.btnproperti.co.id, juga dapat diakses pada aplikasi BTN Properti Mobile yang dapat didownload pada GooglePlay maupun App Store.

“Perseroan tetap optimis terhadap perkembangan bisnis sektor properti di tahun 2021 melihat bahwa di tengah pandemi Covid-19 yang telah kita lalui di tahun 2020, posisi pembiayaan BTN untuk perumahan masih menunjukkan pertumbuhan yang positif. Hal ini juga ditunjang dengan adanya stimulus kebijakan program pemulihan ekonomi nasional (PEN) oleh pemerintah seperti subsidi bunga KPR dan penyaluran dana PEN tahun lalu,” tuturnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2575 seconds (0.1#10.140)