Milenial pun Gandrung Bercocok Tanam

Senin, 05 April 2021 - 19:30 WIB
loading...
A A A
Adapun tanaman favorit para petani kota ini biasanya dimulai dari tanaman yang mudah ditanam dan dikonsumsi sehari-hari seperti bayam dan kangkung.Di Sendalu Permaculture fokus di tanaman tahunan, sehingga tidak perlu ditanam berkali-kali karena dapat dipanen terus menerus setelah 8 bulan masa penanaman selama ekosistemnya terjaga. Tanaman tahunan ini yaitu katuk, serai, pandan, bunga telang, singkong, bayam brazil, daun papaya jepang atau gedi, pepaya, dan beberapa jenis empon-emponan.

"Tapi sebenarnya masih banyak lagi (komoditas yang ditanam di urban farming) seperti daun mint. Kami juga ingin mereka yang melakukan urban farming dapat mengonsumsi sayuran yang lebih beragam. Banyak bibit juga yang kami mulai jual untuk memudahkan mereka yang ingin mencoba banyak jenis sayuran," ungkap Gibran.

Merambah Pertanian Skala Besar

Urban farming ini juga sangat besar prospek bisnisnya. Bahkan di komunitas besar seperti Indonesia Berkebun ada pasar kebun keliling. Sama seperti pasar tani yang dibuat oleh pemerintah, namun pasar kebun yang digagas komunitas urban farming masih dalam lingkup kecil. “Persediaan juga masih terbatas karena lahan kecil. Namun setidaknya hasil bercocok tanam dari para anggota dapat langsung dijual. Misalnya kolang kaling, teh rosela dan lainnya. Secara ekonomi memang tidak terlalu besar karena produk tidak banyak. Tapi yang saya lihat menarik, ketika kita mulai jualan suatu produk. Itu menjadi inspirasi bagi anggota lainnya. Semua dapat dimulai dari rumah misalnya buat teh rosela, dapat rosela dari menanam di rumah sendiri," jelas Gibran.

Direktur Utama Pandu Tani Indonesia (Patani) Sarjan Tahir mengatakan, tren urban farming saat pandemi bisa dijadikan momentum bagi masyarakat terutama kalangan milenial menyalurkan hobi bercocok tanam dan ke depannya sangat komersial. Bisnis urban farming, ujar Sarjan, sangat berpeluang karena di komunitas saling berbagi dan menginpirasi untuk sama-sama menekuni hobi yang dapat menambah penghasilan.

“Secara komersial (urban farming) sangat menjanjikan. Di beberapa tempat terutama kediaman (halaman rumah) bisa jadi lahan pertanian sekaligus store untuk jualan bibit, tanaman, ikan dan lain-lain. Pola seperti ini ini sangat menguntungkan bagi kaum muda mengisi waktu yang produktif. Ini bisa masuk kategori ekonomi kreatif, karena seni bisnis yang dijalankan anak muda ini unik dan penuh kreasi olahan. Seperti menanam tanaman hias dan komoditi pelengkap dapur mulai sayur-sayuran, cabe, dan banyak lagi, termasuk variasi tanaman organik yang terintegrasi dengan budidaya ikan,” kata Sarjan.

Maraknya aktivitas urban farming di kalangan milenial sesuatu yang positif. Pemerintah, tukas Sarjan, perlu mendorong melalui sosialisasi, pelatihan, sampai penyaluran pembiayaan seperti Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan lainnya. “Dibanding dengan tanaman petani pada umumnya yang hanya mengandalkan waktu panen tertentu, pengalaman yang didapat dari urban farming ini ganda, bisa komersil dan bisa sebagai hiburan/rekreasi di rumah. Urban farming lebih bervariasi,” ujar Sarjan.

Sebagai organisasi nirlaba yang selama ini konsen dengan sektor pertanian dan petani, Sarjan memastikan organisasi Pandu Tani yang dipimpinnya tentu turut berkontribusi akan kemajuan dunia pertanian terutama di kalangan anak muda. Bahkan, Pandu Tani sudah membentuk kelompok petani milenial untuk mendorong agar muncul petani-petani dari kalangan anak muda. Di saat kita sedang krisis SDM yang mau bertani, hal ini tentu ini menjadi tantangan. Maka itulah Pandu Tani terdorong untuk memotivasi anak-anak muda menjadi petani milenial, sekaligus menciptakan kemitraan pelaku usaha dan kelompok tani dari kalangan anak muda.

“Pandu Tani membuat organisasi sayap yakni Patani Milenial, yang di dalamnya para pelaku usaha dari anak-anak muda. Ini untuk wadah anak-anak muda di pedesaan melakukan kegiatan kemitraan yang saling menguntungkan. Kegiatan ini sedang dijalankan di Sumatera Selatan dengan komoditi karet, dan Sulawesi Selatan dengan komoditi jagun. Itupun baru permulaan, sambil sedang disiapkan market place pertanian dan digitalisasi suluh untuk monitoring kinerja Petugas Penyuluh Lapangan (PPL),” pungkas Sarjan.

Satu Warga Diberi Dua Tanaman
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6209 seconds (0.1#10.140)