Wawancara CEO dan Co-Founder Zipmex, Marcus Lim: Potensi Investasi Aset Digital jadi Gaya Hidup

Rabu, 13 Juli 2022 - 17:44 WIB
loading...
A A A
Bagaimana Anda mengedukasi publik bahwa investasi kripto memiliki risiko tinggi? Artinya selain memiliki prospek yang sangat menguntungkan, di sisi lain juga terdapat risiko kerugian yang tidak bisa dikesampingkan.
Baru-baru ini, Zipmex dan Jakpat dari Januari hingga Februari 2022 melakukan survei tentang investasi kripto. Hasil survei mengungkapkan fakta bahwa lebih dari setengah dari total responden menyadari bahwa mereka kurang memiliki pengetahuan dan informasi yang memadai tentang berinvestasi dalam aset kripto. Sebagai tindak lanjut dari temuan survei, Zipmex meluncurkan kampanye Crypto Revolution. Kampanye ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang investasi kripto. Zipmex berkomitmen untuk memberikan pendidikan dan wawasan bahwa berinvestasi dalam aset kripto itu aman. Salah satu kesalahpahaman tentang berinvestasi di aset kripto di Indonesia adalah berinvestasi menggunakan aset tersebut dianggap sangat berisiko, berbahaya, dan menakutkan. Oleh karena itu, kami berusaha untuk mematahkan stigma itu dan memperkenalkan investasi kripto melalui pendekatan yang ramah, bukan pendekatan yang terlalu teknis. Dalam kampanye ini, Zipmex ingin mengedukasi masyarakat Indonesia, bahwa investasi aset kripto tidak hanya diperjualbelikan dalam waktu singkat, atau yang disebut juga dengan trading. Tapi bisa juga disimpan lama. Misalnya dengan menggunakan fitur ZipLock dan ZipUp+. ZipUp+ adalah produk layanan aset kripto dengan bonus pertama di Indonesia. Melalui ZipUp+, pengguna dapat menyimpan Bitcoin, Ethereum, Solana, Cardano, Ripple, Tether, dan Koin USD dan mendapatkan bonus dari aset yang disimpan ini. Untuk pengguna yang memiliki aset Zipmex Token (ZMT), mereka dapat menyimpan aset mereka di ZipLock dan mendapatkan lebih banyak bonus.

Selain itu, kami juga rutin mengadakan beberapa kelas edukasi di platform media sosial kami, yang terbuka bagi siapa saja untuk belajar dan berbagi dengan Komunitas Zipmex Indonesia. Kami juga selalu mengingatkan pengguna untuk menggunakan cold money atau uang yang tidak akan digunakan untuk kebutuhan dalam waktu dekat. Melalui komunitas, kami juga selalu mengingatkan pengguna untuk mengetahui profil risiko mereka sebelum mulai berinvestasi, sehingga mereka dapat melakukan diversifikasi investasi berdasarkan tingkat toleransi risiko mereka.

Bagaimana Anda melihat persaingan bisnis kripto di Indonesia?
Kami melihat persaingan sebagai hal yang wajar dan baik untuk perkembangan bisnis. Untuk pasar Indonesia, kami menawarkan sejumlah keunggulan Zipmex yang dapat dinikmati oleh pengguna kami di Indonesia, termasuk ZipUp+, fitur yang memungkinkan pengguna kami memperoleh penghasilan pasif hingga 10% bonus APY pada aset kripto mereka yang dapat ditarik kapan saja; ZipLock, fitur yang memungkinkan pengguna kami mendapatkan bonus di ZMT mereka dengan mengunci ZMT mereka selama 45 hari; ZipWorld, platform online yang memungkinkan pengguna kami menukarkan ZMT mereka dengan produk dan layanan gaya hidup; dan ZLaunch, platform landasan peluncuran (launchpad) kami yang memungkinkan pengguna kami untuk berinvestasi dalam proyek kripto yang telah kami kurasi. Kami juga memiliki rencana untuk memperluas platform NFT kami Zixel ke pasar Indonesia dalam waktu dekat. Kami yakin bahwa fitur yang berfokus pada pelanggan kami akan membedakan kami dari kompetitor kami.

Ada banyak aplikasi/platform yang menawarkan perdagangan kripto. Bagaimana Zipmex menjalankan strategi untuk menarik investor?
Saat ini, aset kripto semakin populer di Indonesia. Untuk menarik minat pengguna, kami membuat beberapa program dan menawarkan penyimpanan aset kripto dengan memberikan bonus. Zipmex berfokus untuk memastikan platform ini inklusif untuk semua. Hal ini sejalan dengan upaya Pemerintah Indonesia untuk mendorong inklusi keuangan. Saat ini, 95 persen pengguna Zipmex didominasi oleh generasi milenial, sedangkan 5 persen lainnya adalah generasi tua. Selain itu, kami baru-baru ini meluncurkan produk Fitur ZipUp+ yang berlaku untuk penyimpanan stablecoin USDC dan USDT serta beberapa aset kripto lainnya seperti Bitcoin, Ethereum, dan Zipmex Token.

Apa tantangan terbesar yang dihadapi bisnis kripto di Indonesia?
Kami memahami meningkatnya kekhawatiran investor aset kripto dan investasi secara keseluruhan di tengah kekhawatiran tentang ancaman resesi dan koreksi di sebagian besar aset kripto baru-baru ini. Sebagai pelopor investasi masa depan yang aman dan andal, Zipmex memberikan nilai dan pengalaman baru dalam bentuk fasilitas trading BTC gratis untuk membantu pasar dan pengguna kami saat dibutuhkan, membangun sentimen positif, dan menarik lebih banyak pengguna baru.

Seperti yang kita lihat hari ini, perdagangan aset kripto berada di bawah tekanan yang sangat signifikan sejak pertengahan Mei, ditambah dengan inflasi yang tinggi sebesar 8,6% YoY di Amerika Serikat, meningkatkan kekhawatiran akan ancaman resesi ekonomi yang parah. Pekan lalu, pasar aset kripto mengalami turbulensi mendalam lainnya. Sebagian besar aset kripto mengalami koreksi besar, bahkan menyentuh level terendah sejak akhir tahun 2017. Memburuknya faktor makroekonomi termasuk inflasi yang terus meningkat dan kenaikan suku bunga di bank sentral negara-negara Barat juga membebani sentimen pasar kripto. Namun, di tengah kondisi pasar yang kurang menguntungkan saat ini, kami tetap memberikan penawaran terbaik bagi pengguna kami, seperti tawaran keringanan biaya perdagangan untuk transaksi pembelian Bitcoin (BTC), kami juga baru saja meluncurkan tiga aset baru di produk andalan kami. ZipUp+ yang menawarkan layanan penyimpanan aset dengan bonus hingga 10%.

Bagaimana dengan regulasi bisnis kripto di Indonesia? Apakah cukup dibandingkan dengan negara lain?
Kami sangat mengapresiasi keputusan pemerintah untuk membuat regulasi sertifikasi platform investasi aset digital di bawah kebijakan Bappebti untuk memastikan legalitas pasar aset kripto. Aset kripto sebagai instrumen investasi bisa dikatakan baru di Indonesia meskipun kemunculan kripto sudah ada sejak lama. Perdagangan kripto di Indonesia diatur dalam aturan yang dikeluarkan oleh Bappebti, seperti Peraturan Bappebti Nomor 8 Tahun 2021 tentang Pedoman Penyelenggaraan Perdagangan Pasar Fisik Aset Kripto di Bursa Berjangka. Kami memahami bahwa Pemerintah masih berusaha untuk menyiapkan regulasi yang lebih komprehensif, salah satunya dengan menyiapkan bursa kripto yang terpusat. Kami menantikan aturan dan regulasi baru terkait bisnis kripto di Indonesia. Sehingga pelaku pasar menjadi lebih percaya diri dan merasa aman saat melakukan investasi.

Sebagai pemangku kepentingan, kami melihat bahwa regulasi kripto sangat penting, terutama ketika banyak sentimen negatif yang beredar di masyarakat. Dengan regulasi, platform perdagangan menjadi lebih dipercaya karena masyarakat awam dapat dengan mudah menemukan ruang investasi yang tepat dan legal sesuai regulasi pemerintah. Zipmex sendiri sebagai platform kripto yang beroperasi di empat negara yaitu Indonesia, Thailand, Singapura, dan Australia selalu mengikuti peraturan masing-masing negara dalam rangka memberikan perlindungan dan meningkatkan kepercayaan masyarakat untuk mulai berinvestasi di kripto. Jadi, penting juga bagi masyarakat untuk memilih aplikasi atau platform yang sudah terdaftar dan diatur oleh Bappebti. Seperti yang juga telah dilakukan Zipmex, di mana kami selalu mengikuti semua aturan dan regulasi aset kripto di Indonesia dan negara lain tempat kami beroperasi.

Apakah Anda memiliki tips dari Zipmex untuk investasi kripto yang aman? Apakah ada pengetahuan khusus yang harus dipelajari?
Tips pertama adalah memilih platform yang terdaftar yang sesuai dengan peraturan yang berlaku. Ini akan memberikan keamanan bagi pengguna, karena peraturan atau kebijakan pemerintah akan mempengaruhi semua keputusan dan kebijakan di platform, sehingga lebih aman. Tips kedua adalah mengetahui profil risiko dan tujuan investasi, seberapa toleran pengguna terhadap kerugian investasi, dan apakah investasi tersebut ditujukan untuk jangka panjang, menengah, atau pendek. Tanpa mengetahui profil risiko dan tujuan investasi, pengguna akan kesulitan untuk memilih jenis aset yang akan digunakan. Tips ketiga, mau belajar. Edukasi adalah bagian terpenting dalam berinvestasi, baik untuk aset kripto maupun instrumen lainnya. Sama seperti berinvestasi di saham, calon investor biasanya akan mempelajari laporan keuangan dan mengetahui sentimen seputar saham tertentu. Dalam aset kripto, pengguna harus mempelajari whitepaper yang berisi latar belakang pembuatan koin atau token, tujuannya, jaringan dan sistem yang digunakan, peta jalan, dan jumlah koin atau aset. Melalui whitepaper, calon investor juga dapat mengetahui apakah tim pengembang koin atau token dapat dipercaya dan kredibel. Proses mencari dan menganalisis informasi ini dikenal sebagai analisis fundamental. Setelah mempelajari fundamental, investor dapat mempelajari analisis teknikal yang berisi tentang bagaimana memahami pergerakan grafik suatu aset dan memprediksi perubahan harga melalui data historis.

Bagaimana prospek bisnis kripto di Indonesia ke depan? Apakah masih menjanjikan? Apa saja indikatornya?
Jika mengacu pada grafik MVRV Z-Score, harga Bitcoin saat ini sudah mulai memasuki zona hijau. Grafik Z-Score MVRV sendiri adalah grafik yang menunjukkan apakah harga Bitcoin saat ini berada di atas atau di bawah penilaian nilai wajarnya. Berdasarkan data historis, ketika harga Bitcoin memasuki zona hijau pasar kemungkinan akan mulai menuju ke awal periode keheningan (silence period). Periode ini adalah waktu yang tepat bagi investor untuk bertahan dalam meninjau arah pasar dan dengan sabar menunggu siklus bull kembali.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1736 seconds (0.1#10.140)