Wawancara CEO dan Co-Founder Zipmex, Marcus Lim: Potensi Investasi Aset Digital jadi Gaya Hidup

Rabu, 13 Juli 2022 - 17:44 WIB
loading...
A A A
Berapa banyak investor yang berdagang di kripto dan sebagian besar dari segmen apa?
Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) mencatat pertumbuhan investor aset kripto sebesar 10,7% pada Februari 2022 sehingga jumlahnya menjadi 12,4 juta orang. Bandingkan dengan akhir tahun 2021 investor kripto sebanyak 11,2 juta orang. Bappebti juga mencatat peningkatan tajam dalam transaksi aset kripto. Hingga akhir tahun 2021, transaksi mencapai Rp859,4 triliun, meningkat 1.222% dari nilai tahun 2020 yang hanya Rp64,9 triliun.

Data Februari 2022 dari Bappebti menunjukkan jumlah transaksi aset kripto mencapai Rp83,8 triliun. Peningkatan transaksi tercatat mencapai puncaknya pada April dan Mei 2021.

Adapun segmentasi, sebagian besar berusia 18-40 tahun. Menariknya, pengguna aktif platform Zipmex tidak hanya besar di Jakarta, tetapi juga di luar Jabodetabek seperti Surabaya, Bali, dan Medan.

(Baca juga:ijak Memilih Investasi Aset Kripto)

Bagaimana Anda melihat kepercayaan investor di Indonesia, karena kondisi saat ini sering mengalami penurunan nilai?
Meskipun perdagangan aset kripto saat ini mengalami tekanan yang signifikan sejak pertengahan Mei, hal tersebut tidak mengurangi kepercayaan publik terhadap aset kripto. Hal ini terlihat dari data CoinMarketCap yang mencatat bahwa harga Bitcoin pada awal Juni berada di level USD 17.000, terendah sejak akhir 2017, sebelum menguat menjadi USD20.467 menjelang akhir pekan lalu. Kapitalisasi pasar Bitcoin pada awal Juni sempat merosot menjadi USD338 miliar, padahal tahun lalu mencapai USD1,27 triliun. Data awal pekan ini menyebutkan kapitalisasi pasar Bitcoin mencapai USD 403,3 miliar. Harga Bitcoin yang terkoreksi telah membuat aset kripto ini berada di zona hijau pada grafik MVRV Z-Score, yang menunjukkan bahwa harga Bitcoin saat ini undervalued atau lebih rendah dari harga wajarnya. Kami cukup yakin berdasarkan data ini masih ada peluang untuk mendorong tren investor untuk mulai mengakumulasi Bitcoin. Secara historis, analisis Zipmex menemukan pola yang menunjukkan bahwa aset kripto biasanya akan naik saat harga Bitcoin naik setelah halving terjadi. Halving adalah proses di mana imbalan untuk penambang Bitcoin dikurangi 50% setiap empat tahun untuk mempertahankan kelangkaannya. Di saat seperti sekarang ini, ketika tingkat ketakutan dan keserakahan masyarakat terhadap Bitcoin sedang tinggi, investor jangka panjang justru mengambil kesempatan untuk membeli BTC dengan harapan mendapatkan capital gain setelah halving terjadi pada tahun 2024.

Investasi kripto di Indonesia masih baru. Bagaimana strategi Anda agar kripto terpilih menjadi salah satu investasi bagi masyarakat Indonesia?
Sebagai pelopor investasi masa depan yang aman dan terpercaya, tentunya langkah pertama yang kami lakukan adalah memastikan keamanan para investor. Zipmex adalah platform investasi legal di Indonesia berdasarkan peraturan yang dikeluarkan oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti).

Zipmex memahami bahwa edukasi tentang investasi masih sangat dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, kami selalu berusaha memberikan pendidikan yang berkualitas bagi masyarakat melalui Komunitas Zipmex Indonesia yang dapat diakses melalui telegram. Kami juga mengadakan siaran langsung di Instagram untuk menjelaskan berita pasar terbaru dan mengadakan kelas khusus dengan para ahli di YouTube langsung. Salah satu kegiatan yang telah kami lakukan untuk komunitas kami adalah mengadakan offline meet up bersama anggota komunitas kami.

Selain itu, Zipmex juga memberikan nilai dan pengalaman baru melalui beberapa program dan fitur yang disesuaikan dengan kebutuhan investor. Salah satu contohnya adalah fitur ZipWorld, produk layanan terbaru dari Zipmex yang menawarkan pengalaman unik bagi pemegang aset ZMT untuk mendapatkan akses ke produk dan penawaran eksklusif dan terbatas dari Zipmex. ZipWorld hadir untuk Anda yang ingin menjelajahi dunia baru tanpa batas. Dengan layanan terbaru ini, Anda tidak hanya menggunakan ZMT sebagai aset investasi, tetapi Anda juga dapat menukarkan ZMT Anda dengan segudang penawaran eksklusif berupa pengalaman atau produk terbaik, terkenal, dan edisi terbatas.

(Baca juga:Pelaku Industri Kripto Sambut Baik Rencana Regulasi Aset Kripto)

Selain itu, kami baru-baru ini menambahkan aset SOL, ADA, dan XRP ke ZipUp+ sebagai bagian dari peran aktif kami dalam membantu pengguna kami memaksimalkan investasi mereka dalam penurunan pasar. Dengan ZipUp+, investor masih bisa mendapatkan pertumbuhan nilai portofolio melalui bonus dari aset kripto yang mereka miliki, terlepas dari turbulensi yang terjadi di pasar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1931 seconds (0.1#10.140)