OJK Optimistis Gernas BBI Tumbuhkan Pusat Ekonomi Baru di Daerah

Sabtu, 17 September 2022 - 21:26 WIB
loading...
A A A
(Baca juga:Ketika OJK Diguncang)

Ada keseruan yang membuat hadirin tertawa saat Friderica hendak menyampaikan testimoninya. Sebelum berbicara di podium, perempuan cantik ini dikejutkan dengan ulah Sandiaga Salahuddin Uno, yang tetiba ikut menuju podium dan mendampingi Friderica.

“Kali ini, kita coba cara yang berbeda. Supaya suasananya tidak terlalu formal, dan juga untuk mempersingkat waktu karena sebentar lagi mau salat Jumat. Jadi ada baiknya sambutan saya dengan Bu Friderica dijadikan satu,” guyon Sandi yang seketika disambut gelak tawa hadirin dan undangan.

“Jadi sebelum menyampaikan sambutan, saya buka dengan pantun, terus nanti disambung Bu Kiki (Friderica) yang menyampaikan sambutan, dan saya tutup lagi dengan pantun,” sambung Sandi yang lagi-lagi disambut geer para undangan dan masyarakat yang memadati area acara.

Lucunya lagi, di tengah Friderica menyampaikan sambutannya, lagi-lagi Sandi berulah dan kembali membuat hadirin tertawa lepas. “Sorry, pekerjaan MC saya ambil alih. Saya hanya mau menyampaikan, kalau saat ini sudah lebih 21 juta UMKM yang onboarding di e-commerce. Jadi kalau target Bapak Presiden dan Pak Luhut, 30 juta (UMKM masuk ke platform digital hingga 2023), ini bisa menyumbang 1,7% pertumbuhan ekonomi dan menciptakan 2 juta lapangan kerja baru. Terima kasih sekali kepada OJK yang sudah turut mendorong capaian-capaian yang baik ini,” ujar Sandi.

Setali tiga uang, apresiasi dan ucapan terima kasih kepada OJK juga disampaikan oleh Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah dan Wali Kota Padang Hendri Septa. “Kami menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya terhadap komitmen dan dukungan OJK dalam penyelenggaraan Gernas BBI. Kami juga mengharapkan kolaborasi dan sinergi dari OJK dan seluruh pemangku kepentingan dalam rangka meningkatkan akses pembiayaan ke pelaku UMKM dan program peningkatan literasi keuangan di Sumatera Barat,” kata Mahyeldi.

Banyak Capaian Positif
Patut diketahui, pelaksanaan Gernas BBI di Sumbar selama periode kampanye sejak April-Juni 2022 mencatat berbagai pencapaian (harvesting), yakni Gernas BBI di Sumbar diikuti oleh 332 UMKM Binaan, dan 45 UMKM yang telah diseleksi untuk mengikuti show case, pelatihan, pendampingan dan penjualan melalui e-commerce hingga akhirnya terpilih lima UMKM champions.

Lalu, OJK dan para mitra strategis berhasil mendorong 660 UMKM Sumbar untuk dapat on-boarding melalui platform e-commerce, dan realisasi transaksi penjualan barang UMKM baik melalui penjualan offline dan online sebesar Rp15,72 miliar.

Kemudian, penyaluran pembiayaan dari sektor jasa keuangan kepada UMKM melalui platform DigiKu secara Nasional lebih dari Rp215,37 miliar, pinjaman melalui Bank/BPR/Fintech/lainnya di Sumatera Barat sebesar Rp26,41 miliar, dan sebanyak 27 kegiatan pendampingan dan pelatihan telah dilakukan, mulai dari capacity building, standard service, on-boarding ke e-commerce, manajemen dan marcom, serta pelatihan go-export baik secara offline maupun online yang diikuti oleh 3.911 UMKM di wilayah Sumbar.

OJK juga memfasilitasi sertifikasi halal kepada 100 UMKM yang berasal dari Sumbar, pembentukan UMKM Halal Center Bukittinggi bekerja sama dengan Global Halal Hub, BSI, dan Dekranasda Bukittinggi yang nantinya dapat direplikasi di kota lainnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1801 seconds (0.1#10.140)