48 Ton Biji Mete Diekspor ke Vietnam, Nilainya Capai Rp939 Juta

Sabtu, 16 Januari 2021 - 11:01 WIB
loading...
48 Ton Biji Mete Diekspor ke Vietnam, Nilainya Capai Rp939 Juta
Pelepasan ekspor biji mete ke Vietnam. Foto/Dok KemenkopUKM
A A A
JAKARTA - Koperasi Konami Bina Sejahtera berkolaborasi dengan pelaku UMKM, kelompok tani, dan BUMDes melepas ekspor 48 ton biji mete asal Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) ke Vietnam.

Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Rully Indrawan mengatakan biji mete atau Anacardium occidentale yang diekspor dengan nilai perdagangan sekitar Rp939 juta ini diberangkatkan melalui Pelabuhan New Port Kendari.

"Ini adalah pelepasan ekspor produk biji mete yang diproduksi para pelaku UMKM di Buton Utara dan Koperasi Konami Bina Sejahtera yang menghimpun dan mengekspornya ke Vietnam," ucap Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Prof Rully Indrawan, Sabtu (16/1/2021).

( )

Baginya, ini memberikan indikasi bahwa ekonomi kerakyatan bisa berjalan dengan baik. "Ini merupakan kolaborasi antara UMKM dan koperasi untuk bisa memasuki pasar dunia," bebernya.

Menurutnya, hal itu bisa dilakukan asalkan ada komitmen dari semua pihak, termasuk Pemda. "Dengan begitu, semua permasalahan teknis yang dihadapi koperasi bisa dibantu secara proporsional," katanya.

( )

Sementara itu bagi Koperasi Konami Bina Sejahtera, ini merupakan program untuk memberikan dan membangun nilai tambah produk-produk unggulan yang ada di Buton Utara.

Dalam hal ini, sejak 2017, Koperasi Konami Bina Sejahtera sebagai pendamping dari kelompok-kelompok tani, BUMdes, dan pelaku usaha. Mulai dari kelembagaan, standarisasi produk, hingga pemasaran. Sehingga, mampu meningkatkan skala ekonomi dari produl yang dihasilkan para kelompok tani dan BUMDes.

Kepala Karantina Pertanian Kendari N Prayatno Ginting menjelaskan, ekspor kali ini terlaksana atas kerjasama Pemda Buton Utara dan pengusaha. "Kami selaku otoritas karantina memfasilitasi ekspor dengan memastikan biji mete telah memenuhi persyaratan teknis," kata Prayatno.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1415 seconds (0.1#10.140)