Kantong Jebol Saat Lebaran? Kenali Penyebabnya

Jum'at, 14 Mei 2021 - 08:14 WIB
loading...
Kantong Jebol Saat Lebaran? Kenali Penyebabnya
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Lebaran menjadi momen yang sangat ditunggu oleh umat muslim. Namun, pada saat itu pulalah bisa membuat kondisi keuangan kita boros. Pasalnya, pengeluaran untuk segala kepentingan hari raya cenderung membengkak.

Perancang Keuangan Eko Endarto mengatakan, salah satu yang bisa membuat jebolnya kondisi keuangan adalah tergiur oleh maraknya tawaran diskon murah yang kemudian tidak sadar telah membelanjakan uang yang tidak sedikit.

"Ya kan ada momen diskon murah di online shop pengganti enggak mudik, jadi masyarakat sangat tergiur dengan beragam diskon. Apalagi kalau sudah belanja tidak sadar akan pengeluaran yang telah dihabiskan," kata Eko saat dihubungi SINDOnews di Jakarta, Jumat (14/5/2021).

Baca juga:Simak Baik-baik, Ini Kiat Investasi Emas untuk Jangka Panjang

Nah berikut penyebab lain kondisi keuangan jebol saat Lebaran:

1. Pemikiran Lebaran yang harus punya barang baru

Momen Lebaran identik dengan barang-barang baru seperti baju baru, sepatu baru, gadget baru hingga kendaraan baru. Mindset inilah yang harus dihilangkan dari pikiran kita. Bahwa untuk kembali ke fitri tidak perlu memakai segala sesuatu yang serba-baru.

"Karena lapar mata tidak bisa menyesuaikan dengan isi dompet yang mungkin sudah direncanakan untuk kebutuhan tertentu," katanya.

2. Pemberian uang 'THR'

Memberikan uang 'tunjangan hari raya' kepada sanak-saudara memang merupakan tradisi masyarakat Indonesia. Namun bagi mereka yang memiliki uang pas-pasan, bisa membuat kondisi keuangan tertekan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1387 seconds (0.1#10.140)