Intip Harga Sewa Pesawat oleh Maskapai ke Lessor, Bisa Rp18 Miliar per Bulan

Rabu, 27 Oktober 2021 - 16:55 WIB
loading...
Intip Harga Sewa Pesawat oleh Maskapai ke Lessor, Bisa Rp18 Miliar per Bulan
Harga sewa pesawat meski menjadi opsi termurah, namun tetap menjadi beban yang tak kecil bagi maskapai penerbangan. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Harga sewa pesawat oleh maskapai penerbangan di Indonesia belakangan memantik keingintahuan masyarakat. Hal itu antara lain dipicu oleh pernyataan Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga yang menyebutkan bahwa penyewaan pesawat secara ugal-ugalan menjadi salah satu penyebab berantakannya keuangan BUMN penerbangan PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk.

Berdasarkan penelusuran SINDOnews, harga sewa pesawat memang terbilang tinggi. Harga sewa pesawat terbang bervariasi tergantung jenis pesawatnya, mulai dari Rp1,7 miliar hingga lebih dari Rp18 miliar per bulan.



Kendati mahal, sewa pesawat memang menjadi opsi yang paling murah bagi maskapai lokal untuk menjalankan operasinya. Sebab, jika harus membeli, terlebih secara tunai, ongkosnya akan sangat mahal dan tentu akan membebani maskapai penerbangan dari sisi permodalan.

Karena itu, sistem sewa pesawat atau lease aircraft menjadi pilihan terbaik bagi banyak maskapai penerbangan. Bahkan, pada umumnya maskapai penerbangan di Indonesia tidak memiliki pesawat terbang sendiri. Hampir semua pesawat yang digunakan adalah pesawat sewaan atau leased aircraft.

Jadi, maskapai penerbangan tidak memiliki hak milik pesawat tersebut, melainkan hanya memiliki hak sewa dan hak memasang brand di pesawat tersebut.

Beberapa jenis pesawat terbang yang sering dipakai oleh maskapai penerbangan Indonesia saat ini antara lain Boeing 737 900ER; Boeing 777-300ER; Airbus 330-300; ATR 72-600; Airbus 320 NEO, dan lain-lain

Untuk harga sewanya, berikut ini tarif sewa masing-masing tipe pesawat terbang per bulan seperti yang dilansir oleh www.airliners.net, dalam mata uang dolar AS (USD) dan rupiah (asumsi kurs Rp14.172/USD):

1. Boeing 737-900 ER
Harga sewa pesawat Boeing 737-900 ER per bulannya diperkirakan mencapai USD340.000 (Rp4,81 miliar). Harga sewa pesawat ini belum termasuk biaya perawatan dan operasional maskapai yang ditanggung sendiri oleh pihak maskapai penerbangan.

Jika ingin membeli langsung pesawat ini, maka harga pesawat terbang tipe Boeing 737-900 ER seperti dilansir www.airliners.net mencapai USD49 juta atau sekitar Rp694 miliar. Maka, tidak heran banyak maskapai yang memilih opsi sewa pesawat ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0954 seconds (0.1#10.140)