2 Tahun Menjabat, Intip Sederet Holding BUMN yang Dibentuk Erick Thohir

Selasa, 18 Januari 2022 - 00:38 WIB
loading...
2 Tahun Menjabat, Intip Sederet Holding BUMN yang Dibentuk Erick Thohir
Setelah menjabat 2 tahunan, Erick Thohir tercatat sudah membentuk sederet holding BUMN yang dikelompokkan berdasarkan sektor atau klusternya. Berikut daftar holding BUMN yang telah dibentuk Erick Thohir. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri BUMN, Erick Thohir dikenal lewat aksi bersih-bersih perusahaan pelat merah, dimana Ia terus melakukan perampingan terhadap direksi dan komisaris sejumlah perseroan. Selain itu tercatat ada sederet Holding BUMN yang dibentuk olehnya sebagai upaya meningkatkan kinerja perusahaan negara.

Baca Juga: Di Hadapan Megawati, Erick Thohir: Semua Menteri Rukun, Diajak Ngobrol Juga Enak

Di tangan Erick Thohir, tercatat sudah ada 70 BUMN yang ditutup hingga November 2021.Erick Thohir menerangkan, pencopotan dan nomenklatur direksi dan komisaris perseroan plat merah tersebut untuk melakukan penyegaran atau perbaikan tata kelola perusahaan.

"Tugas saya utamanya menegakkan kembali GCG (Good Corporate Governance). Kalau yang bagus kita kasih reward, kalau yang tidak bagus kita bersihkan. Kita harus copot, itu bagian dari perbaikan Kementerian BUMN," ujar Erick beberapa waktu lalu.

Visi Erick Thohir yakni membuat subholding BUMN berisi pengelompokan perusahaan pelat merah. Menurutnya BUMN tidak boleh sendiri-sendiri, harus bergandengan tangan satu dan yang lainnya.

Setelah menjabat 2 tahunan, Erick Thohir tercatat sudah membentuk sederet holding BUMN yang dikelompokkan berdasarkan sektor atau klusternya. Berikut daftar holding BUMN yang telah dibentuk Erick Thohir:



1. Holding BUMN Ultra Mikro

Holding Ultra Mikro terdiri dari tiga entitas BUMN, yakni PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI, PT Pegadaian (Persero), dan PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM.

Holding resmi dibentuk lewat penandatanganan Akta Inbreng saham pemerintah pada Pegadaian dan PNM sebagai penyertaan modal negara kepada BRI selaku induk holding pada 13 September 2021 lalu.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1478 seconds (10.55#12.26)