Tak Hanya Pukul Rusia, Sanksi Barat Bikin Ekonomi Global Ikut Merana

Jum'at, 11 Maret 2022 - 05:00 WIB
loading...
A A A
Selama tahun 2021, volume perdagangan antara Rusia dan negara-negara Uni Eropa meningkat tercatat 42,7% secara tahunan menjadi lebih dari €247 miliar. Rusia adalah mitra terbesar kelima untuk ekspor barang UE (4,1%) dan mitra terbesar ketiga untuk impor barang UE (7,5%).



Lalu, siapa yang paling terdampak akibat pukulan balik sanksi bagi Rusia? Secara umum, analis mengatakan bahwa negara-negara Eropa dan bisnisnyalah yang akan menanggung akibat terbesar dari sanksi Barat terhadap Rusia. Terlebih jika Rusia kemudian benar-benar berpaling dari Eropa ke negara-negara "sahabat" seperti China.

Gedung Putih baru-baru ini mengatakan bahwa perdagangan China dengan Rusia tidak cukup untuk mengimbangi dampak sanksi AS dan Eropa terhadap Moskow. Namun, perdagangan antara kedua negara telah berkembang pesat meskipun ada peristiwa di Ukraina.

Menurut data bea cukai China yang dirilis pada hari Senin (7/3), omzet perdagangan antara kedua negara meningkat hampir 39% dalam dua bulan pertama tahun ini dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, melebihi USD26 miliar. Moskow dan Beijing juga diketahui memiliki tujuan ambisius untuk meningkatkan kerja sama ekonomi bilateral hingga USD200 miliar pada tahun 2024.

(fai)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1143 seconds (0.1#10.140)