Diduga Sosok di Balik Kekayaan Crazy Rich Malang, Kaji Edan Ternyata Bukan Orang Sembarang

Selasa, 15 Maret 2022 - 20:08 WIB
loading...
Diduga Sosok di Balik Kekayaan Crazy Rich Malang, Kaji Edan Ternyata Bukan Orang Sembarang
Sosok Kaji Edan. Foto/Instagram@kajiedan
A A A
JAKARTA - Sosok Onny Hendro Adhiaksono alias Kaji Edan ramai diperbincangkan karena dikait-kaitkan dengan crazy rich asal Malang , Gilang Widya Permana atau Juragan 99 dan Shandy Purnamasari pemilik MS Glow. Kaji Edan disebut-sebut sosok yang berada di balik kekayaan pasangan suami istri itu.

Baca juga: Naik Jet Pribadi Juragan99, Kaji Edan: Ya Seperti Naik Bis Damri

Sebagian warganet berspekulasi bahwa kekayaan Juragan 99 bersumber dari Kaji Edan. Bahkan jet pribadi yang kerap dipamerkan Juragan 99 disebut-sebut atas nama Kaji Edan yang diberikan kepada Juragan 99.

Menanggapi itu semua, Kaji Edan meluruskannya melalui unggahan media sosial Instagram dan menyebut bahwa tuduhan tersebut merupakan fitnah. Kaji Edan mengatakan semua yang diberitakan sejumlah media beberapa waktu belakangan tentang dirinya adalah tidak benar.

"Perlu disampaikan bahwa saya TIDAK MENGENAL sosok Juragan 99 maupun istrinya," tulis Kaji Edan pada postingan akun instagram pribadinya.

Lantas siapakah sosok Kaji Edan? Berikut rangkuman MNC Portal.

Kaji Edan bukanlah sosok yang baru tampil di hadapan publik. Beberapa waktu sebelumnya Kaji Edan juga sudah cukup sering mengikuti interview di beberapa chanel youtuber. Kekayaan kaji Edan bersumber dari beberapa unit usahanya di Indonesia, yaitu bisnis properti.

Dikutip dari laman Keterbukaan Informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Kaji Edan diketahui merupakan sosok pemilik saham besar di PT Pekan Baru Permai Propertindo, sebuah perusahaan properti raksasa asal Riau.

Kecurigaan netizen atas sumber kekayaan Kaji Edan juga dikaitkan dengan skandal kasus mega-proyek E-KTP yang menjerat mantan ketua DPR Setya Novanto beberapa tahun lalu. Seperti diketahui nama Kaji Edan juga sempat menjadi saksi pada persidangan korupsi E-KTP sebagai mantan komisaris PT Murakabi Sejahtera.



PT Murakabi sendiri merupakan salah satu peserta lelang proyek pengadaan E-KTP, yang akhirnya dimenangkan oleh konsorsium Percetakan Negara Republik Indonesia (PNRI).

Tidak sampai di situ, kekalahan PT Murakabi pada saat proses lelang tak menutup Kaji Edan lepas dari pusaran mega-proyek E-KTP yang dikorupsi. Sebab mayoritas saham perusahaan Kaji Edan, PT Murakabi dimiliki PT Mondialindo yang juga menjadi perusahaan keluarga Setyanovanto.

Netizen meyakini bahwa harta yang dimiliki oleh Juragan 99 ada campur tangan dari Kaji Edan. Bahkan berita yang belakangan beredar, pesawat jet pribadi yang dimiliki oleh Juragan 99 dimiliki atas nama Kaji Edan.



Berdasarkan AircraftBluebook harga jet pribadi milik Juragan 99 di kisaran USD14 juta sampai USD19,3 juta atau senilai Rp200 miliar atau Rp275 miliar (kursRp14.286). Kecurigaan netizen atas harta yang dimiliki oleh Juragan 99 juga ditambah oleh nama Juragan 99 yang merupakan nama baru sebagai crazy rich di Indonesia.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1253 seconds (0.1#10.140)