Laut Topang Kehidupan 60% Penduduk RI, Masyarakat hingga Perusahaan Diajak Lindungi Alam

Minggu, 02 Oktober 2022 - 10:11 WIB
loading...
A A A
Tema tersebut selaras dengan gerakan global yang didorong Perserikatan Bangsa-bangsa pada Januari 2021, yang mendeklarasikan ‘Dekade Ilmu Kelautan untuk Pembangunan Berkelanjutan 2021-2030’ untuk mendukung upaya praktik pengelolaan perairan yang berkelanjutan.

Dalam rangka mendukung pemerintah mengelola wilayah perairan Indonesia secara berkelanjutan, sebut Laksmi, YKAN bersama mitra kini bekerja di Raja Ampat, Papua Barat; Rote, Nusa Tenggara Timur; Bali; Wakatobi, Sulawesi Tenggara, dan Berau di Kalimantan Timur.

Project Director Misi Lestari Astrid Candrasari mengatakan, kegiatan Misi Lestari yang mengusung konsep 4 pilar, yaitu Environment, Educate, Engage, dan Entertain, merupakan salah satu cara bagi YKAN mengajak masyarakat luas terlibat dalam upaya konservasi ekosistem laut. "Ajakan ini dilakukan lewat kegiatan menyenangkan dengan unsur olahraga, yaitu lari,” ucapnya.

Laut Topang Kehidupan 60% Penduduk RI, Masyarakat hingga Perusahaan Diajak Lindungi Alam


Melanie Putria, sosok yang kini dikenal memiliki antusiasme tinggi dengan olahraga lari menyatakan, lari adalah olahraga luar ruang yang juga bisa menjadi cara untuk menjaga lingkungan.

“Seperti yang kita lihat, saat kita berlari, entah itu saat berada di area car free day di tengah kota atau di pantai, sering ada banyak sampah plastik. Saya punya kebiasaan, saat berlari biasanya juga sambil memunguti sampah sampai tas saya penuh. Bagi saya, masalah lingkungan adalah masalah kita bersama, mengenai masa depan kita,” tuturnya.



Misi Lestari 2022: #MissionOfTheOCean akan dilakukan secara hybrid, yakni virtual dan offline. Pelari untuk misi virtual diwajibkan untuk menuntaskan jarak 21 kilometer yang dilaksanakan pada 7-27 November 2022 menggunakan platform 99 Virtual Race.

Sementara misi offline, yang sekaligus menjadi ajang selebrasi Misi Lestari, akan dilaksanakan pada 27 November 2022 di Taman Waduk Tukad Badung, Denpasar, Bali.

Ada 3 pilihan jarak yang bisa dipilih peserta, yaitu 2,5 kilometer, 11 kilometer, dan 21 kilometer. Selain dikenal sebagai half marathon, angka ”21” juga menjadi simbol peringatan Hari Ikan Nasional yang jatuh tiap 21 November.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2689 seconds (0.1#10.140)