OPEC+ Sepakat Pangkas Produksi 2 Juta Barel, Harga Minyak Dunia Menghangat

Kamis, 06 Oktober 2022 - 09:54 WIB
loading...
OPEC+ Sepakat Pangkas Produksi 2 Juta Barel, Harga Minyak Dunia Menghangat
Harga minyak bergejolak merespons OPEC+ sepakat memangkas produksi minyak 2 juta barel. FOTO/REUTERS
A A A
JAKARTA - Harga minyak mentah dunia menguat tipis pada awal perdagangan di Asia, Kamis (6/10), merespons kesepakatan organisasi negara pengekspor minyak bumi dan sekutu (OPEC+) termasuk Rusia untuk memangkas produksi minyak 2 juta barel per hari (bph). Data perdagangan menunjukkan minyak Brent di Intercontinental Exchange (ICE) untuk kontrak Desember tumbuh 0,25% menjadi USD93,60 per barel.

Sedangkan minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) di New York Mercantile Exchange (NYMEX) untuk pengiriman Desember menguat 0,23% sebesar USD87,04 per barel. Perjanjian anggota OPEC termasuk Rusia diperkirakan bakal semakin menekan pasokan di pasar yang sudah ketat sebelumnya, sebagaimana dilansir Reuters, Kamis (6/10/2022).

Baca Juga: OPEC+ Siap Bahas Pengurangan Produksi, Harga Minyak Dunia Tergelincir

Arab Saudi, pemimpin de facto OPEC+, pada pertemuan Rabu lalu mengatakan bahwa pemangkasan produksi adalah setara dengan sekitar 2% dari pasokan di seluruh dunia. Kebijakan ini diambil sebagai tanggapan terhadap kenaikan suku bunga di negara-negara Barat dan melemahnya ekonomi global.

Pemerintahan Presiden AS Joe Biden melontarkan kritik atas kesepakatan itu dengan menyebutnya sebagai pandangan sempit. Gedung Putih mengatakan akan berkonsultasi dengan Kongres ihwal pasokan tambahan untuk mengurangi ketergantungan terhadap harga energi.

Baca Juga: OPEC+ Bakal Pangkas Produksi, Harga Minyak Dunia Memanas

Sementara itu, secara terpisah pada Rabu kemarin (5/10), Wakil Perdana Menteri Rusia Alexander Novak mengatakan Rusia dapat ikut memangkas produksi minyak untuk mengimbangi efek dari pembatasan harga yang diberlakukan oleh Barat atas tindakan Moskow di Ukraina.

(nng)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1737 seconds (11.97#12.26)