11 Kisah Kebangkrutan Miliarder Dunia, dari Raja Kripto hingga Mantan Perempuan Terkaya

Selasa, 13 Desember 2022 - 21:11 WIB
loading...
A A A
Pihak berwenang India telah menyita dan menjual aset Modi, termasuk koleksi seninya yang sangat berharga. Modi lahir dari keluarga pedagang berlian dan dibesarkan di Belgia. Dia pindah ke India untuk mempelajari bisnis keluarga di bawah pamannya dan ternyata membawa ke kejatuhan bisnisnya pada tahun 1999.

3. Rishi Shah
Miliarder Kesehatan yang Dituduh Menipu

Kekayaan Bersih Dipuncak Karir: USD 3.6 miliar pada tahun 2017
Kekayaan Bersih Sekarang: USD 0
Tanggal Kejatuhan Bisnisnya: 2018

Rishi Shah yang putus kuliah mendirikan startup media kesehatan Outcome Health, dan berhasil mengumpulkan USD600 juta dengan valuation USD 5.6 miliar pada Mei 2017. Namun dalam dua tahun setelah Shah memasuki jajaran miliarder, ia dan dua petinggi eksekutif Outcome didakwa dengan penipuan karena diduga mencuri sekitar USD 1 miliar dari klien, pemberi pinjaman, dan investor dengan memoles kinerja keuangan perusahaan dan keberhasilan produknya.

Ketiganya mengaku tidak bersalah setelah didakwa pada 2019, dan akan diadili pada 2023.

4. John Kapoor
Produsen obat yang Berakhir di Penjara

Kekayaan Bersih Tertinggi: USD 3.3 miliar pada tahun 2015
Kekayaan Bersih Terbaru: N / A
Tanggal Kejatuhan Bisnis: 2017

Pengusaha dan investor industri farmasi John Kapoor adalah pendiri, CEO dan Chairman dari produsen opioid Insys Therapeutics. Pada Oktober 2017, Kapoor ditangkap dan didakwa bersekongkol menyuap dokter untuk meresepkan semprotan fentanil perusahaan Subsys, yang dirancang untuk meringankan rasa sakit terkait kanker, kepada pasien yang tidak membutuhkannya.

Insys kemudian menyatakan bangkrut dan mengatakan akan menutup operasionalnya pada 2019. Pengusaha kelahiran India, yang keluar dari peringkat miliarder Forbes hanya beberapa bulan setelah penangkapannya, menerima hukuman penjara 5 setengah tahun pada tahun 2020 setelah juri menyatakan dia dan empat eksekutif Insys lainnya bersalah atas konspirasi pemerasan. Dia akan dibebaskan pada Agustus 2024, menurut Biro Penjara Federal.

5. Elizabeth Holmes
Miliarder Teknologi yang Dijatuhi Hukuman 11 Tahun Penjara
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1187 seconds (0.1#10.140)