11 Kisah Kebangkrutan Miliarder Dunia, dari Raja Kripto hingga Mantan Perempuan Terkaya

Selasa, 13 Desember 2022 - 21:11 WIB
loading...
A A A
8. Allen Stanford
Pangeran Ponzi

Kekayaan Bersih: USD 2.2 miliar pada tahun 2008
Kekayaan Bersih Terbaru: USD 0
Tanggal Kebangkrutan: 2009

Seorang penipu yang memberi jalan Bernie Madoff melarikan uangnya, Stanford dihukum pada tahun 2012 karena menjalankan skema Ponzi senilai USD 7 miliar melalui Stanford Financial Group-nya. Mantan miliarder itu melakukan penipuan selama sekitar dua dekade dengan menjual sertifikat deposito palus dengan iming-iming hasil tinggi melalui Stanford International Bank yang berbasis di Antigua.

Kemudian Ia menggunakan dana tersebut untuk investasi yang meragukan dan untuk mendanai gaya hidupnya yang mewah, menurut jaksa penuntut. Pada 2012, ia dijatuhi hukuman 110 tahun penjara yang saat ini ia jalani di penjara dengan keamanan tinggi di Coleman, Florida.

Para korban skema Stanford telah mengembalikan uang mereka pada level yang lebih lambat daripada korban Madoff. Lebih dari USD 1 miliar telah dipulihkan hingga saat ini.

Pada Januari 2022, seorang hakim Texas memutuskan bahwa lima bank yang digugat sebesar USD 4 miliar oleh sekelompok investor Stanford karena diduga memfasilitasi penipu dengan memberinya layanan keuangan harus diadili. Sementara itu Bank-bank telah membantah klaim tersebut dan gagal saat mencoba untuk menolak gugatan.

9. Adolf Merckle
Korban Krisis Keuangan

Kekayaan Bersih Terbesar: USD 12.8 miliar pada tahun 2007
Kekayaan Bersih Sekarang: N / A
Tanggal Kebangkrutan: 2008

Merckle adalah seorang industrialis Jerman yang investasinya pada industri pakaian terpukul parah saat krisis keuangan tahun 2008. Keadaan menjadi jauh lebih buruk dengan taruhan besar yang dia buat melawan Volkswagen AG, yang menjadi bumerang pada Oktober tahun itu ketika terungkap raksasa mobil Eropa Porsche berlomba-lomba untuk mengambil alih perusahaan, membuat harga saham Volkswagen melonjak.

Merckle mencari pinjaman lebih dari USD 1 miliar untuk menutupi kerugian yang ditimbulkan oleh konglomerat VEM Vermoegensverwaltung-nya, yang pada saat itu sangat dimanfaatkan. Saat kerajaannya tertatih-tatih menuju kehancuran, Merckle mengambil nyawanya sendiri dengan melangkah di depan kereta api yang berada di dekat rumahnya di Blaubeuren, Jerman pada tahun 2009.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0897 seconds (0.1#10.140)