Kehilangan Pasokan Gas Rusia Memaksa Jerman Merogoh Kocek Rp 7.258 Triliun

Minggu, 18 Desember 2022 - 06:20 WIB
loading...
Kehilangan Pasokan Gas Rusia Memaksa Jerman Merogoh Kocek Rp 7.258 Triliun
Jerman terus merogoh koceknya dalam-dalam untuk menjaga lampu tetap menyala, usai kehilangan akses ke gas Rusia. Hampir setengah triliun dolar dikeluarkan dan terus bertambah sejak perang Ukraina. Foto/Dok
A A A
FRANKFURT - Jerman mengeluarkan uang tunai yang tidak sedikit untuk menjaga lampu tetap menyala, usai kehilangan akses ke gas Rusia . Hampir setengah triliun dolar dirogoh Jerman dan terus bertambah, sejak perang Ukraina membuatnya mengalami krisis energi sembilan bulan lalu.



Secara kumulatif menurut perhitungan Reuters, itulah dana talangan dan skema yang telah diluncurkan pemerintah Berlin untuk menopang sistem energi negara itu sejak lonjkan harga energi dan kehilangan akses ke gas dari pemasok utama Rusia.

"Seberapa parah krisis ini dan berapa lama krisis ini akan berlangsung, sangat tergantung pada bagaimana krisis energi akan berkembang," kata Michael Groemling dari German Economic Institute (IW).

"Ekonomi nasional secara keseluruhan menghadapi kehilangan kekayaan yang sangat besar," sambungnya.



Uang yang disisihkan mencapai hingga 440 miliar euro (USD 465 miliar) menurut perhitungan kasar, yang bertujuan untuk menghindari kehabisan daya dan mengamankan sumber energi baru.

Hal itu setara dengan sekitar 1,5 miliar euro sehari sejak Rusia menginvasi Ukraina pada 24 Februari 2022, lalu. Atau sekitar 12% dari output ekonomi nasional. Atau sekitar 5.400 euro untuk setiap orang di Jerman.

Ekonomi terbesar di Eropa tersebut, telah lama menjadi acuan untuk perencanaan yang bijaksana, namun saat ini tengah menghadapi krisis yang berpengaruh besar terhadap perekonomian. Penjatahan energi menjadi risiko yang harus diambil, apabila musim dingin berlangsung lebih lama dan ini menjadi pertama kalinya buat Jerman dalam setengah abad tanpa Rusia.

Negara ini telah beralih mengeluarkan banyak uang untuk menggantikan beberapa pasokan Rusia yang hilang, serta membantu mendorong inflasi menjadi dua digit. Namun keamaan energi belum terlihat, dengan dorongan untuk membangun dua alternatif demi menghilangkan ketergantungan bahan bakar Rusia yakni gas alam cair (LNG) dan energi terbarukan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1125 seconds (0.1#10.140)