11 Kisah Kebangkrutan Miliarder Dunia, dari Raja Kripto hingga Mantan Perempuan Terkaya

Selasa, 13 Desember 2022 - 21:11 WIB
Tanggal Kebangkrutan: 2018

Perhiasan hasil rancangannya pernah dipakai selebriti dunia seperti Kate Winselet, Dakota Johnson dan Priyanka Chopra-Jonas. Namun kini Nirav Modi berakhir di Penjara Wandsworth, barat daya London melawan ekstradisinya ke India.

Awal bulan ini, Pengadilan Tinggi di London memerintahkan ekstradisinya. Diamantaire -produsen berlian dan permata berkualitas- asal India yang bercita-cita menjadi Harry Winston berikutnya dengan toko-toko bertebaran di seluruh dunia, berakhir dengan tuduhan penipuan.

Miliarder perhiasan Nirav Modi mengguncang sektor keuangan India usai dituduh melakukan penipuan terbesar di bank milik pemerintah. Penipuan hampir USD 1,8 miliar yang dilaporkan di bank pemerintah terbesar kedua di India merupakan pukulan bagi upaya pemerintah untuk menghidupkan kembali sektor perbankan milik negara yang sudah terlilit utang besar.

Polisi federal India menuduh Modi dan pihak lainnya bersekongkol dengan beberapa karyawan bank negara bagian terbesar kedua yang secara curang memperoleh uang pinjaman untuk membayar pemasok luar negeri.

Dana tersebut dituding untuk mendanai ekspansi perusahaannya yang saat ini telah bangkrut yakni Firestar International. Butik perhiasan Nirav Modi sebelumnya telah mendunia, mulai dari Hong Kong, London sampai New York.

Modi melarikan diri dari India pada 2018 tak lama sebelum skandal itu terungkap dan setahun kemudian terlihat di jalanan Kota London. Dia ditangkap tak lama kemudian.

Pihak berwenang India telah menyita dan menjual aset Modi, termasuk koleksi seninya yang sangat berharga. Modi lahir dari keluarga pedagang berlian dan dibesarkan di Belgia. Dia pindah ke India untuk mempelajari bisnis keluarga di bawah pamannya dan ternyata membawa ke kejatuhan bisnisnya pada tahun 1999.

3. Rishi Shah

Miliarder Kesehatan yang Dituduh Menipu
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More