11 Kisah Kebangkrutan Miliarder Dunia, dari Raja Kripto hingga Mantan Perempuan Terkaya

Selasa, 13 Desember 2022 - 21:11 WIB
Pengusaha dan investor industri farmasi John Kapoor adalah pendiri, CEO dan Chairman dari produsen opioid Insys Therapeutics. Pada Oktober 2017, Kapoor ditangkap dan didakwa bersekongkol menyuap dokter untuk meresepkan semprotan fentanil perusahaan Subsys, yang dirancang untuk meringankan rasa sakit terkait kanker, kepada pasien yang tidak membutuhkannya.

Insys kemudian menyatakan bangkrut dan mengatakan akan menutup operasionalnya pada 2019. Pengusaha kelahiran India, yang keluar dari peringkat miliarder Forbes hanya beberapa bulan setelah penangkapannya, menerima hukuman penjara 5 setengah tahun pada tahun 2020 setelah juri menyatakan dia dan empat eksekutif Insys lainnya bersalah atas konspirasi pemerasan. Dia akan dibebaskan pada Agustus 2024, menurut Biro Penjara Federal.

5. Elizabeth Holmes

Miliarder Teknologi yang Dijatuhi Hukuman 11 Tahun Penjara

Kekayaan Bersih di Puncak Bisnisnya: USD 4.5 miliar pada tahun 2015

Kekayaan Bersih Terbaru: USD 0

Tanggal Blowup: 2016

Salah satu pendiri Theranos, Elizabeth Holmes pernah menjadi sorotan dunia teknologi karena mengembangkan perangkat yang dia klaim akan merevolusi pengujian darah dengan hanya menggunakan satu atau dua tetes darah dari ujung jari seseorang.

Pada tahun 2015, Elizabeth Holmes yang Dropout dari Universitas Stanford merupakan salah satu wanita terkaya Amerika dengan hasil usaha sendiri.

Setahun kemudian, Forbes menurunkan perkiraan tentang kekayaan bersihnya menjadi - , setelah perusahaan teknologinya terbukti tidak dapat diandalkan dan karena perusahaan menghadapi banyak penyelidikan dari agen federal. Pada 2018, dia didakwa atas penipuan. Kasus ini masuk ke persidangan pada 2021.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More