MNC Digital Mengakuisisi Game Bergenre MOBA: Fight of Legends

Senin, 04 April 2022 - 20:50 WIB
loading...
A A A
Industri Game di Indonesia

Industri game di Indonesia telah mengalami peningkatan yang pesat dalam beberapa tahun terakhir, dengan peningkatan jumlah gamer dan waktu untuk bermain game. Game di perangkat seluler telah meningkat secara signifikan, Media Partners Asia (MPA) memperkirakan bahwa lebih dari 72% gamer mengakses game mereka melalui smartphone.

MPA juga memperkirakan bahwa Indonesia memiliki 147 juta gamer pada akhir tahun 2021, mewakili 38% dari populasi dan ini diperkirakan akan terus meningkat hingga mencapai 164 juta pada tahun 2026.

Pendapatan industri game di Indonesia cukup besar, dengan sektor seluler, PC, dan konsol menghasilkan lebih dari USD904 juta pada tahun 2021. Game yang diakses melalui perangkat seluler memiliki kontribusi yang besar dalam pengeluaran gamer, yaitu sebesar 75%, menunjukkan potensi yang kuat untuk studio game dan publisher games di tanah air.

Pada tahun 2026, MPA memproyeksikan bahwa sektor ini akan bertumbuh menjadi USD1,2 miliar, dengan CAGR pendapatan sebesar 6,5%, didukung oleh peningkatan kemampuan membayar konsumen.

“Dengan pencapaian pendapatan game yang memecahkan rekor di seluruh dunia, kita semakin dapat melihat peluang besar dalam game yang didukung oleh turnamen, kompetisi, dan acara online dan offline, memungkinkan gamer pada umumnya untuk tidak hanya menjadi superstar dalam game, tetapi juga mengubah keterampilan dalam bermain game mereka menjadi sumber pendapatan nyata bagi semua level pemain,” paparnya.



Dalam hal popularitas genre game, MOBA adalah genre #1 untuk gamer Indonesia di Mobile & PC, diikuti oleh game puzzle dan battle royale.
Judul-judul populer di genre MOBA termasuk Mobile Legends, League of Legends dan Arena of Valor, sementara di genre Battle Royale, game-game populer terkenal seperti FreeFire, PUBG dan Call of Duty (Warzone) menduduki peringkat teratas di pasar.

Dengan basis gamer yang sangat besar, peluang peningkatan pendapatan, dan dengan menempati dua dari tiga genre terpopuler di Indonesia, MNC Digital akan meluncurkan 2 game seluler bernama Rapid Fire (FPS - Battle Royale) dan Fight of Legends (MOBA), yang akan dirilis masing - masing pada Q2-2022 dan Q3-2022.

Performa dari game-game ini akan menjadi katalis bagi Perseroan ke depannya, karena pendapatan dari game akan mulai dimasukkan ke dalam operasional bisnis pada tahun 2022.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1339 seconds (0.1#10.140)