Kementan Latih 100 Petani Milenial untuk Magang di Korea Selatan

Jum'at, 23 Juli 2021 - 06:55 WIB
loading...
Kementan Latih 100 Petani Milenial untuk Magang di Korea Selatan
Kepala BPPSDMP Kementan Dedi Nursyamsi (kanan) menjawab pertanyaan awak media didampingi Kepala Puslatan Leli Nuryati. (Foto: Dok. BPPSDMP)
A A A
JAKARTA - Sekitar 100 petani milenial mengikuti pelatihan yang digelar Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian (Kementan) . Mereka dipersiapkan menjalani program magang di Korea Selatan (Korsel) sebagai bagian dari program Pelatihan Sejuta Petani dan Penyuluh.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengatakan program magang ke luar negeri terutama Korsel karena SDM yang begitu melimpah. Hal ini membuka peluang bisnis pertanian dalam upaya mendukung, mengembangkan dan memajukan pertanian nasional.

(Baca juga:Siapkan 1,7 Juta Ekor Hewan Kurban, Kementan Pastikan Stok Cukup dan Aman)

“Pertanian perlu sentuhan dan terobosan untuk mengembangkan kapasitas generasi milenial. Kementan memiliki program magang ke luar negeri. Kita berharap ada transfer knowledge melalui magang di beberapa negara agar pertanian kita semakin maju, mandiri dan modern,” kata Mentan Syahrul dalam keterangan tertulisnya.

Kepala BPPSDMP Kementan Dedi Nursyamsi mengatakan pelopor pembangunan pertanian adalah petani milenial. Maka kemampuannya disiapkan untuk mengembangkan diri menjadi pribadi yang profesional dengan memahami seluk-beluk pertanian dari hulu ke hilir.

(Baca juga:Dukung Produktivitas Pertanian, Kementan Upgrade Kompetensi Penyuluh)

“Pelopor pembangunan pertanian adalah petani milenial, sehingga ke depan, pertanian bukan sekadar tanam, petik lalu jual,” kata Dedi Nursyamsi dalam pengarahannya saat membuka 'Pelatihan dan Pembekalan Calon Peserta Pelatihan/Magang Korea' sebagai bagian dari program program Pelatihan Sejuta Petani dan Penyuluh secara virtual di Jakarta, Kamis (22/7/2021).

Dedi Nursyamsi mengingatkan pertanian bukan hanya di sawah dan ladang (on farm) tapi juga off farm, maka sebelum kegiatan tanam, petani wajib menyiapkan modal untuk mendukung kegiatan olah hasil panen.

(Baca juga:Kementan Tingkatkan Kompetensi Dosen Politeknik Pembangunan Pertanian)

Menurutnya, untuk modal pertanian maka Kementan telah menjalin kerja sama dengan perbankan, yang menyiapkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk pertanian. Bunganya hanya 6% dan tanpa agunan, untuk pinjaman di bawah Rp50 juta.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1269 seconds (0.1#10.140)